Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Website
Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Website

Media informasi yang paling sering digunakan adalah website, dan apa saja bahasa pemrograman untuk membuat website? Ditengah perkembangan teknologi yang setiap saat terus bertumbuh, sebagai seorang programmer dituntut untuk terus mengupdate pengetahuan tentang itu semua. Banyaknya pilihan yang bisa diambil, memudahkan pengemang untuk membangun proyek yang sedang dikerjakannya.

Daftar Isi

 

Hidup didalam era digital dan informasi teknologi seperti saat ini memang terus berkembang cepat. Permintaan akan kebutuhan pemrograman pun semakin meningkat. Untuk belajar programming bisa dibagi menjadi sub yang lebih rinci atau sepsialisasi khusus termasuk membuat game, system programming, aplikasi mobile, juga belajar web developer.

Dari sub sepsialisasi tersebut Kamu akan menentukan berdasarkan apa? apakah karena hobi, tujuan pekerjaan dan uang, atau karena peluangnya masih luas, atau yang lainnya.

Jika Kamu saat ini sedang belajar membuat website, entah itu untuk sendiri atau memang seorang developer web atau karyawan yang ingin mencari peluang yang lebih baik. Sebaiknya Kamu juga mempelajari bahasa pemrograman untuk membuat website paling populer saat ini. Bahkan, ada juga bahasa yang dapat digunakan secara global. Maksudnya satu bahasa dapat digunakan untuk membuat banyak kebutuhan mulai dari aplikasi desktop, website, dan mobile (Android dan iOS).

HTML & CSS

HTML singkatan dari Hypertext Markup Language bahasa Markup yang merupakan tulang punggung/dasar/kerangka dari sebuah halaman situs web. Digunakan untuk mengatur struktur dan tata letak (Layout) dari halaman situs. Dan CSS yang merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets dapat mempercantik tampilan halaman HTML. Digunakan untuk mendampingi HTML agar lebih baik dari segi tampilan, untuk menambahkan warna, jenis font, tata letak, dan banyak lagi.

Bahasa yang paling umum digunakan untuk membangun sebuah website dan juga banyak yang bisa menggunakannya, mungkin karena sudah terbiasa dan lebih nyaman. Kita mulai dari yang paling sederhana dan sangat mudah, tidak perlu belajar lama untuk dapat menggunakannya.

Satu halaman HTML dapat didesign berbeda dengan menggunakan style CSS yang berbeda, dan setiap pengembang situs akan belajar tentang hal ini terutama front end web developer.

Javascript

Banyak site modern saat ini menggunakan Javascript dan dapat digunakan bersamaan CSS dengan antar muka yang terpisah dari HTML, dapat digunakan lebih banyak aspek bisa ditangani. Untuk membangun elemen interaktif maka diperlukan Javascript dan juga membuat desain yang lebih komleks. Pengembang front end web tentu harus memahami lebih banyak tentang ini.

Dapat bekerja pada webserver apache, IIS, dan lainnya dan juga kompatibel dengan semua platform meski memiliki kekurangan yaitu lebih lambat.

PHP

Sebagai seorang web developer, siapa yang tidak kenal dengan PHP? PHP singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor adalah bahasa scripting untuk tujuan khusus membangun situs web dinamis dan statis. Dijalankan pada sisi server, yang hampir semua server dapat menjalankannya.

Telah digunakan secara global termasuk Wordpress, Drupal, Wikipedia, dan masih banyak lagi. Ada banyak pilihan framework diantaranya Symfony, Codeigniter, Yii Framework, Cake PHP, dan lain sebagainya. Keunggulan PHP adalah memiliki kinerja tinggi dan dengan biaya perawatan yang rendah.

Java

Tidak hanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile, game, perangkat lunak lain. Java juga bisa dimanfaatkan untuk membuat website. Juga menjadi bagian penting dari pengembangan Android untuk membuat aplikasi Android dan banyak lagi kegunaannya.

Karena bersifat portabel Java dapat berjalan dibanyak platform dan telah digunakan lebih dari 15 milliat perangkat. Java termasuk bahasa yang paling berpengaruh karena itu juga penting untuk dipelajari dalam hal pembuatan website. Pemrograman java berbasis Class dan berorientasi objek yang dapat berjalan disemua platform. Bahasa java bersifat penggunaan secara umum dan multi paradigma.

Python

Dibuat tahun 1989 dan ini sangat populer untuk membuat aplikasi Machine Learning, Big Data, Artificial Intelligence (AI), dan Robotika. Selain itu juga, penggunaan software keamanan cyber juga menggunakan Python. Dalam hal pengembangan sites, dipython telah tersedia kerangka kerja (Framework) yang mudah digunakan seperti Django. Tapi Anda juga bisa membuat Framework sendiri kalau mau. Pinterest dan Instagram merupakan situs besar yang menggunakan python untuk membuat website. Dan juga pada software Blender 3D

Python merupakan bahasa yang paling mudah dipahami (setidaknya menurut saya) berorientasi objek atau OOP (Object Oriented Programming) serta multi paradigma. Pada penggunaan untuk mengembangkan web, python bekerja disisi server atau back end. Python juga lebih cepat dari PHP meski tidak lebih cepat dari Java dan C++. Tentu kalau dibandingkan dengan Java dan C++ tidak Fair sebenarnya karena C++ ada Compailer dan Python merupakan Interpreted.

C++

C ++ adalah bahasa kinerja tinggi yang berorientasi objek. Akibatnya, mereka sering digunakan dengan aplikasi yang dapat mengarahkan masalah kritis dan memiliki infrastruktur perangkat lunak yang aman. C ++ juga merupakan bahasa pemrograman yang dipilih untuk permainan video dan produk komersial seperti Adobe Photoshop. Ini juga digunakan untuk browser web seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome dan dapat membuat proyek sumber terbuka dan mengembangkan basis data. Lebih lanjut, C ++ unggul dalam menciptakan sistem operasi seperti Internet Explorer dan Microsoft Office. Secara umum, ia memiliki beberapa set penggunaan dan kompatibel dengan banyak platform.

Angular

Angular adalah platform aplikasi front-end open-source berbasis TypeScript yang dipimpin oleh Tim Angular di Google dan oleh komunitas individu dan perusahaan. Angular adalah penulisan ulang lengkap dari tim yang sama yang membangun AngularJS. Angular adalah platform yang memudahkan untuk membangun aplikasi dengan web. Angular menggabungkan templat deklaratif, injeksi ketergantungan, ujung ke ujung tooling, dan praktik terbaik yang terintegrasi untuk mengatasi tantangan pembangunan. Angular memberdayakan pengembang untuk membangun aplikasi yang hidup di web, seluler, atau desktop.

Kesimpulan

Di Indonesia sendiri khususnya dalam pembangunan sebuah situs masih lebih banyak menggunakan bahasa PHP dibandingkan yang lainnya. Jadi kalau Kamu memilih bahasa pemrograman untuk membuat website di Indonesia saat ini masih banyak yang menggunakan PHP. Dan selain itu juga penyedia webhosting di Indonesia masih jarang yang mendukung selain PHP.

Untuk Python dengan Django, sudah ada beberapa web hosting yang menyediakan dukungan terhadap ini. Python bisa dijadikan Opsi kedua setelah PHP. Jadi Kamu akan memilih bahasa pemrograman untuk membuat website yang mana?