Belajar Hacking Otodidak Dari 6 Situs Ini
Belajar Hacking Otodidak Dari 6 Situs Ini

Ada definisi berbeda tentang Hacker (Peretas) dapat saja diartikan berbeda dimasyarakat, mungkin karena informasi yang didapat juga tidak lengkap. Dan orang yang ingin belajar hackin otodidak pun terus meningkat. Setidaknya mereka hanya penasaran saja kemudian karena dirasa terlalu sulit pun ada yang menyerah tidak memperdalam lagi kemampuannya. Ini terbukti banyak pencarian yang masuk ke blog ini terkait topik Belajar Hacking Otodidak, padahal diblog ini tidak pernah membahas tentang hal itu.

Daftar Isi

 

Disclaimer: Informasi yang ada dihalaman ini belum tentu benar, dan kami tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan dan kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi ini. Kerugian dan kerusakan merupakan tanggung jawab yang mempraktikkannya.

Berdasarkan hal itu, saya tidak ingin mengecewakan mereka yang telah mengunjungi blog ini mencari tulisan tentang belajar hacking otodidak. Saya merekomendasikan mereka untuk belajar dari 6 situs ini, semoga bisa mengobati dan memberikan pencerahan terhadap apa yang dicari.

Peretas atau Hacker adalah kegiatan melakukan suatu analisa, mengubah, mempelajari, membobol keamanan komputer dan jaringan dengan tujuan untuk mencari keuntungan atau motivasi lain. Hacker ada yang beraliran Black Hat adalah hacker yang buruk, dan ada juga aliran White Hat hacker yang baik.

Maksud dari baik dan buruk disini bukan tentang kemampuan mereka, tapi pada hal dan tujuan yang mereka lakukan. Hacker Black Hat melakukan hacking lebih kepada bertujuan untuk mencari keuntungan sendiri. Misalnya dengan membobol kartu kredit untuk mengambil (mencuri) uangnya. Dan hacker yang baik itu kegiatannya juga sama, tapi dengan tujuan berbeda misalnya untuk kepentingan menguji sistem keamanan dari jaringan komputer.

Putra Aji Adhari salah satu contoh hacker beraliran putih yang pernah berhasil membobol situs milik NASA. Dia menguji sistem keamanan jaringan situs tersebut. Dan hebatnya lagi belajar hacing otodidak

Belajar Hacking Otodidak

Baik itu yang beraliran putih atau hitam, ilmu yang dipelajari tetap sama namun mereka memanfaatkan dengan tujuan yang berbeda. Adapun hal yang dipelajari sendiri atau belajar hacking otodidak diantaranya

Software

Digunakan sebagai alat untuk melakukan aksi peretasan, tanpa bantuan perangkat lunak yang tepat mustahil aksi ini akan berhasil. Dengan alat yang tepat pun masih bisa mendapatkan kegagalan peretasan, apalagi tanpa alat yang tepa.

Penggunaan perangkat lunak juga disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. Seorang peretas biasanya menggunakan sistem operasi Linux dan Unix Like untuk melakukan aksinya, jadi perlu juga belajar linux. Software untuk hacking biasanya tidak mementingkan sebuah tampilan GUI yang baik dan malah banyak yang tanpa GUI. Sebab dalam GUI ada keterbatasan perintah dibandingkan dengan CLI, dan performa yang lebih lambat pada GUI karena berkejaran dengan waktu.

Pelajari secara lebih lengkap dan mendalam pada satu perangkat lunak dan coba berkali-kali hingga berhasil

Belajar Coding

Peretas juga harus memiliki kemampuan pemrograman, sebab target yang menjadi tujuan juga terus memperbaiki sistem mereka menutup celah keamanan yang terbuka. Dengan mempelajari bahasa pemrograman, bisa membuat perangkat lunak sendiri sesuai dengan gaya dan tujuan peretasan itu sendiri.

Seorang peretas awalnya hanya menggunakan tool yang sudah ada, kemudian mereka mempelajari bahasa pemrograman tertentu tujuannya adalah memodifikasi tool agar sesuai dengan kriteria hacker tersebut.

Karena hacker perlu untuk memodifikasi dan mengembangkan juga perangkat yang mereka gunakan, jadi itu pentingnya menguasai pemrograman.

Jaringan

Hacker juga harus mempunyai pengetahuan yang luas terhadap jaringan komputer, terlebih lagi yang menganut aliran black hat. Tidak ada satupun yang ingin diketahui identitasnya.

Bagaimana cara mereka menyembunyikan identitas asli, dengan mengubah alamat IP yang asli menjadi seolah-olah berada dilokasi yang berbeda bahkan seakan-akan berbeda negara. Memahami protokol jaringan juga sangat membantu bagaimana akan menerobos masuk pada sebuah sistem komputer.

Bagaimana membuat tunnel (Terowongan) pada SSH yang mereka bisa melihat keluar tapi dari luar tidak bisa melihat kedalam, mempelajari tentang HTTPS yang memiliki tingkat keamanan lebih dibandingkan dengan HTTPS.

Tempat Belajar

Barulah tulisan ini masuk kepada tujuan utama, yaitu memberikan informasi terkait bagaimana belajar hacking otodidak. Siapaun bisa belajar secara mandiri tentu harus dibarengi dengan niat yang kuat dan konsistensi sampai benar-benar menguasai materi yang diikuti.

bWAPP

Singkatan dari Buggy Web Application, kalian akan menemukan berbagai aplikasi belajar yang memang sengaja disediakan untuk itu, dan tentu saja open source. Jadi selain dapat menggunakannya, kita juga bisa memodifikasinya.

Perangkat lunak ini digunakan untuk menguji kemanana suatu website, setelah mengetahui dimana ada celah maka Kamu bisa segera memperbaikinya.

Aplikasi ini akan melakukan pengujian penetrasi dan ethical hacking project dan memberikan lebih dari 100 kelemahan situs yang bisa dipelajari kemudian. Ini adalah tool yang dibuat dari bahasa PHP, maka diperlukan webserver dan MySQL server untuk bisa menjalankannya.

Game of Hacks

Bukan untuk meretas permainan, ini digunakan untuk menemukan seberapa rentan suatu website tertentu. Dibuat namanya seperti itu karena mirip seperti aplikasi game. Dan memang ada gamenya sih...

Permainannya tentu seputar peretasan, yang untuk menguji AppSec kamu, kemudian diberikan pertanyaan untuk menganalisa celah pada sebuah kode yang diberikan. Kamu juga bisa masuk leaderboard, seru kan? Ada juga mode single player dan challenge friend. Disini jadi serasa tidak sedang belajar hacking.

Google Gruyere

Untuk yang baru mulai belajar hacking otodidak bisa mencoba ini terlebih dahulu, ada banyak celah yang bisa dipelajari.

Dimulai dari bagaimana cara menemukan celah pada suatu website, kemudian bagaimana mengekspoitasinya, dan mempelajari cara mengehentikan hacker menemukan dan mengeksploitasi celah itu.

Setelah itu lebih detail lagi mempelajari bagaimana bisa meretas aplikasi web dengan kelemahan yang umum seperti XSS dan XSRF. Lalu menemukan dan memperbaikinya

Hellbound Hackers

Kamu akan belajar mengenai sistem keamanan komputer disini, selain mempelajari cara membobolnya juga mempelajari cara memperbaiki dan pencegahannya. Ada banyak topik bisa dipelajari disini termasuk diantaranya tentang enkripsi dan peretasan aplikasi.

Hackme.Peruggia

Memilih project untuk dipelajari dan diretas, yang juga bisa membantu untuk meminimalisir bagainama potensi masalah keamanan yang akan timbul dan juga ancamannya. Banyak profesional hadir disini, juga pengembang keamanan mereka semua mempelajari serangan pada website.

Root Me

Diberikan 300 tantangan dan 73 situasi yang mungkin terjadi pada sebuah situs, dan juga menyediakan lebih dari 3000 cara untuk menyelesaikannya. Daftar terlebih dahulu sebelum bisa mendapatkannya dan menchallenge diri sendiri untuk meningkatkan kemampuan.

Penutup

Semua web diatas, telah mengijikan untuk mempelajari hack yang dianggap aman, tapi setelah berhasil mempelajari gunakan ilmu untuk kebaikan. Jangan malah digunakan untuk kejahatan, nanti kamu sendiri yang rugi.