Belajar Membuat Aplikasi Berbasis Web
Belajar Membuat Aplikasi Berbasis Web

Belajar membuat aplikasi berbasis web dengan python ada beberapa pilihan, bisa menggunakan Django dan Flask. Itu yang paling populer dan lebih banyak digunakan dari yang lainnya, untuk pilihan lainnya boleh juga menggunakan webview, CefPython, dan Kivy.

Bahasa pemrograman python sendiri memang makin populer dikalangan dunia kerja, karena kemampuannya dalam banyak bidang dan kemudahan dalam membangun program berbasis python. Hampir semua jenis bidang pekerjaan dapat diselesaikan dengannya. Seperti diantaranya Robotika, Komputasi Sains, Data Sience, ekonomi, bagian antariksa dan masih banyak lagi.

Kamu yang menggunakan sistem operasi Linux, sudah pasti terinstall python secara default. Mungkin perlu menambahkan beberapa komponen yang dibutuhkan saja. Tapi untuk pengguna windows juga tidak perlu berkecil hati karena kalian tetap bisa menginstall python yang dapat diunduh dari python.org web resmi milik python.

Kalau kita telusuri lebih jauh lagi tentang python, pasti akan menemukan lebih banyak hal yang bermanfaat. Diantaranya untuk membuat aplikasi berbasis web, meski pada awalnya python tidak ditujukan untuk keperluan seperti ini. Kemampuan ini ada berkat framework yang dibuat, dan tidak hanya itu saja. Saat ini juga python sudah bisa digunakan untuk membuat aplikasi Android menggunakan framework Kivy dan BeeWare.

Django adalah framework python yang digunakan untuk membuat aplikasi website, bahkan website besar seperti instagram, pinterest, drobbox juga menggunakan python untuk backend mereka. Dalam paket django juga menyertakan aplikasi webserver untuk menguji kode yang dibuat dalam tahap development, jadi tidak perlu menginstall web server lain seperti apache atau nginx.

Kita bisa mulai belajar membuat website dengan django atau Kamu juga bisa menggunakan Flask yang lebih mudah. Aplikasi ini tidak dijalankan pada browser, melainkan dijalankan pada sisi server. Untuk menangani bagian front end, tetap menggunakan HTML, CSS, dan Javascript. Jadi, selain belajar python dan Django juga setidaknya memiliki pengetahuan tentang HTML, CSS, dan Javascript. Atau minimal HTML dan CSS saja sudah cukup.

Kamu bisa memulai belajar melalui link di atas untuk mempelajari langkah awal membuat web dengan django. Pahami bagaimana prosesnya, dan teruskan hingga tingkat yang lebih tinggi.

Kita bisa menggabungkan pekerjaan ini dengan kerangka kerja yang ada di python lainnya seperti Kivy, BeeWare, webview, atau PyForms. Untuk menjalankan aplikasi kita dari desktop atau pun versi seluler (mobile). Kivy dan BeeWare lebih khusus untuk membangun aplikasi Android yang juga bisa untuk membuat aplikasi desktop. Untuk pilihan lain membuat aplikasi desktop boleh juga menggunakan pyForms.

Belajar membuat aplikasi berbasis web dengan python bisa menghasilkan program yang dijalankan pada browser dengan Django dan Flask, atau berupa perangkat lunak yang diinstall seperti yang dibuat menggunakan Kivy dan BeeWare untuk Aplikasi Android, meskipun juga Kivy bisa membuat aplikasi untuk platform lain dan dapat dijalankan di Linux dan Windows. Mungkin juga kita perlu membuat aplikasi desktop tapi dengan tampilan website kita, bisa mencoba menggunakan PyForms dan Webview.

Akhirnya masih banyak yang perlu dieksplor lagi apa saja kemampuan yang bisa diberikan oleh python. Itu tergantung dari sisi programmernya sendiri basicnya apa. Khusus untuk saya sendiri lebih suka dengan website, maka saya mempelajari python untuk membuat website. Karena itu saya memilih untuk mempelajari Django, Kivy, PyForms, dan Webview. Ini sangat mendukung dari apa yang telah saya miliki.

Dan ini menjawab pertanyaan mengapa diblog ini tidak membahas tentang data sience, machine learning, dan lainnya. Karena memang saya lebih fokus kepengembangan website menggunakan Django, aplikasi android menggunakan Kivy dan BeeWare, serta framework lainnya yaitu PyForms dan WebView.

Entah untuk kedepannya, bisa jadi saya selain belajar membuat aplikasi berbasis web dengan python mungkin juga akan mulai belajar machine learning dan lainnya. Setelah selesai belajar membuat website.