Belajar Python Untuk Pemula
Belajar Python Untuk Pemula

Ngomong-ngomong tentang belajar python untuk pemula, sebenernya saya juga masih pemula. Katanya python itu, salah satu bahasa yang direkomendasikan untuk bahasa pemrograman dasar. Maksudnya adalah bahasa pemrograman yang dipelajari pertama kali. Karena memang belajar python lebih mudah dipahami, mengingat syntax yang sederhana dan rapih.

Pertama kali saya belajar pemrograman adalah PHP, dan sampai sekarang belum juga mengerti Hahaha. Saya kira kurang berbakat dalam dunia programing. Tapi setelah mencoba belajar ini, bisa dibilang mudah dan cepat. Meski belum selesai belajarnya.

Terus terang saya tidak kuliah seperti teman-teman semua, jadi mempelajari lewat google, youtube, buku, dan ebook. Juga gabung ke beberapa group yang sesuai di facebook maupun ditelegram. Yes, ada banyak cara saat ini yang bisa dilakukan asalkan niat dan serius.

Daftar Isi

 

Salah satu hasil dari belajar selama ini adalah website ini, edikartono.com. Website ini dibuat dari bahasa python dengan framework django. Dan karena itu juga, saya menulis apa yang pernah dipelajari di sini. Supaya tidak lupa dan saya juga mengikuti jejak mereka yang sudah membagikan ilmu pemrograman python di webiste, youtube, group-group, dan media lainnya. Dengan menuliskan di website ini.

Ada seorang teman, pernah menghubungi via telegram tentang suatu error. Saya juga tidak bisa menjawab, karena ternyata berbeda sistem operasi. Karena dari awal saya belajar python di Linux, teman saya itu belajar python di windows, apalagi belajar python di Android. Saya belum mendalami belajar python di Android, meski sudah install aplikasinya yang bernama Pydroid 3. Tapi merasa tidak nyaman, mungkin karena layar kecil dan susah juga untuk pindah kursor, menggunakan simbol, dan keterbatasan lainnya. Ternyata ada sedikit perbedaan diantaranya cara install paket. Kalau di linux bisa dengan mudah menggunakan pip, sedangkan diwindows ada yang bisa ada juga yang tidak bisa, jadi harus install dari source.

Python itu sendiri diketahui mengukung multi-paradigma, yaitu penulisan kode program secara prosedural dan juga mendukung OOP. Untuk penerapannya bisa dibilang sangat powerfull, bisa diterapkan pada bidang scientist. Juga pada aplikasi modern seperti saat ini diantaranya big data, data mining, deep learning, machine learning, dan juga data science. Lengkap ya, bisa diterapkan untuk itu semua.

Belajar Python Untuk Pemula

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, saya belajar dari berbagai media. Dari cari-cari digoogle, kemudian di youtube, di group yang ada di facebook dan telegram, ada juga belajar python pdf dari ebook, dan beberapa buku yang dibeli ditoko buku secara online.

Salah satu kekurangan belajar otodidak pemrograman python adalah tidak berurutan. Maka itu seringkali membuat bingung, karena seharusnya bagian tertentu dipelajari setelah memnyelesaikan bagian lainnya. Itu kalau teman-teman mencari materi di google, maka karena itu juga tulisan tentang python yang sudah saya buat juga tidak berurutan.

Ada juga beberapa yang memberikan materi lengkap serta berurutan, seperti di channel youtube Kelas Terbuka salah satunya. Cara penyajian yang menyenangkan dan berurutan pastinya, jadi kita tidak bengung harus mulai dari mana. Tentu saja, kalau belajar lewat youtube teman-teman menyiapkan quota yang banyak. Bisa juga pakai trik, download videonya terlebih dahulu. Atau mungkin kalau teman-teman memiliki akses WiFi gratis tidak masalah.

Sempat saya mengumpulkan beberapa ebook, supaya tetap bisa belajar python pdf ebook. Beberapa berbahasa inggris, ini jadi kelemahan saya karena bahasa inggrisnya tidak bagus. Cari-cari yang berbahasa Indonesia agak sulit ditemukan, mungkin kata kunci yang digunakan kurang tepat.

Membaca buku elektronik dalam kondisi tertentu rasanya kurang nyaman, jadi untuk melengkapi itu saya juga membeli beberapa buku yang diperlukan untuk menambah pengetahuan tentang bahasa program python.

Buku Python

Berikut buku python yang direkomendasikan dimiliki bukan hanya belajar python untuk pemula, bisa juga untuk menambah pengetahuan bagi yang sudah mulai mempelajarinya.

  1. Dasar-dasar Pemrograman Python.

    Buku ini ditulis oleh Wenty Dwi Yuniarti, M.Kom yang diterbitkan tahun 2019, sudah setahun ya buku ini terbit. Dibuku ini, kita akan belajar mengenai konsep pemrograman python itu sendiri, bagaimana algoritmanya, cara menyelesaikan masalah, hingga kita dikenalkan dengan paradigma pemrograman berorientasi objek.

    ADa juga latihan dan praktik menggunakan Jupyter Notebook. Cocok untuk mahasiswa yang ingin lebih dalam mengenal dasar python, buku ini dirancang untuk mahasiswa yang sedang belajar pemrograman dasar. Dan juga bisa dijadikan sebagai buku ajar bagi pengajar dan dosen.

  2. Algoritma dan Pemrograman Python.

    Setelah selesai mempelajari dasar-dasar python, sebaiknya kita juga mengenal tentang algoritmanya. Yang didalam buku ini dijelaskan secara detail pada setiap BABnya. Apa saja pengertian, kita juga dikenalkan dengan fitur yang ada, menginstall dan menjalankan aplikasi, yang dapat dilakukan dengan Command line, interpreter prompt, dan via editor.

    Tentu saja bagian pokok dari pembahasan dalam buku ini adalah algoritma, tidak lupa juga dengan flowchart dan pemrograman. Kita juga akan mengenal operasi dasar, operator matematika, operator logika, dan library. Yang tidak kalah penting juga tentang percabangan, perulangan, manipulasi, fungsi, rekursi, dan juga dictionary. Semua bisa didapatkan pada buku Algoritma dan Pemrograman Python karya Arik Kurniawati.

  3. Pengantar Analisis Data Menggunakan Python.

    Kalau teman-teman ingin melanjutkan ke tingkat berikutnya, buku Pengantar Analisis Data Menggunakan Python karya Suprapto & Yatim Lailun Ni'mah juga lebih baik dimiliki. Dalam buku ini kita akan mempelajari tentang uji statistik untuk data analisis yang menggunakan excel maupun minitab.

    Ilmu yang didapat dari buku ini dapat juga diterapkan untuk satistik dan kemomtrik, serta sebagai langkah awal mempelajari analisis data tingkat lanjutan.

  4. Data Mining.

    Untuk teman-teman yang tertarik ingin mempelajari Data Mining, mungkin bisa memiliki buku ini. Selain teori dan algoritma yang akan dipelajari pada buku ini, ada studi kasus beserta penyelesaiannya pada setiap kasus tersebut.

    Setiap teorinya dibahas lebih detail dan bertahap agar mantap mendapatkan pengertian yang lebih baik. Buku Data Mining diterbitkan pada tahun 2020 yang ditulis oleh Efori Buulolo, S.Kom, M.Kom.

Akhir Kata

Teman-teman yang sedang mencari informasi belajar python untuk pemula, di atas sudah saya sebutkan bahwa belajar bisa dengan banyak cara ditempuh. Mungkin ada yang lebih nyaman menggunakan internet untuk mencari ilmu dengan bertanya kepada google, atau yang punya quota banyak belajar melalui youtube, bisa juga dari ebook, dan ada juga yang lebih nyaman membaca dari buku fisik.

Baca juga : Belajar Python untuk Data Science dan Junior Data Analyst

Semua cara belajar python, teman-teman sendiri yang tentukan. Akan lebih nyaman menggunakan media yang mana. Meskipun buku fisik tetap menjadi salah satu pilihan yang disukai.