Skip to main content

Belajar Membuat Web Dengan Django Python

belajar membuat website dengan django python

Belajar Python yang dapat digunakan hampir berbagai macam keperluan, diantaranya adalah membuat web. Dalam hal ini Anda bisa memulai untuk belajar membuat web dengan django python, selain dari Flask. Ada alasan berbeda mengapa Anda memilih untuk belajar django, dari pada mempelajari yang lainnya. Django adalah sebuah framework berbasis python untuk mengembangkan website, dari sini kita bisa membuat toko online dengan django dan bisa juga membuat aplikasi lainnya berbasis web dengan kerangka kerja ini. Seperti pada fungsi situs website pada umumnya.

Back to top

1) Belajar Membuat Web Dengan Django Python

Sebelum kita mulai Belajar Membuat Web Dengan Django Python, pahami dulu apa itu django dan python. Karena belajar bahasa pemrograman python sebaiknya sudah Anda kuasai, mulai dari yang dasar hingga pemrograman berorientasi objek atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah OOP Object Oriented Programming.

Baca Juga : Belajar Web Developer Menggunakan Django

Saat ini tidak banyak situs yang menggunakan django, dan peminatnya pun bisa dikatakan masih sedikit. Mungkin karena tidak terlalu terkenal dan mungkin juga karena python itu sendiri. Dalam pandangan orang tentang bahasa python tentu tidak langsung sebagai bahasa pemrograman web, seperti saya diawal belajar python yang terlintas saat itu adalah tentang membuat aplikasi. Baru beberapa saat setelah mulai mengenal dan belajar programming python ini mengetahui python dapat digunakan pada hampir semua kebutuhan termasuk membuat website.

Modal utama belajar django adalah mengenal terlebih dahulu bahasa python, Anda bisa saja belajar python secara mandiri seperti kursus online yang lagi marak banyak ditawarkan saat ini.

Pada umumnya orang tidak terlalu peduli apakah sebuah situs itu dibangun menggunakan bahasa pemrograman python django atau dengan native PHP, atau framework PHP lainnya. Yang mereka butuhkan adalah kebergunaannya apakah bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan yang dibutuhkan. Apakah bisa menyelesaikan masalah yang ada saat ini. Karena sesungguhnya bahasa coding hanya sebuah alat yang membantu pekerjaan lebih mudah.

Bahkan pada kasus tertentu, kita tidak membutuhkan django sama sekali. Sebab pekerjaan sudah bisa diatasi dengan alat yang lain.

Back to top

2) Situs Besar Yang Menggunakan Django

Kalau menurut saya mana bahasa pemrograman yang paling bagus adalah tidak ada, karena setiap bahasa pemrograman pasti ada spesialisasi dalam tujuan tertentu. Meskipun dikatakan banyak orang, python bisa dimanfaatkan untuk banyak hal yang salah satunya pengenmbangan web. Tapi python dan django dalam pengembangan situs tidak bekerja sendiri.

Meski dalam kebergunaannya untuk membangun sebuah situs kurang populer seperti PHP yang memang dibuat khusus untuk membangun website. Ternyata framework ini telah digunakan oleh beberapa situs besar sebagai back end mereka.

Berikut yang berhasil saya ketahui menggunakan Django

  1. Disqus. Anda mengenal Disqus? ini adalah situs diskusi yang pernah populer sebagai tempat diskusi. Anda bisa mengintegrasikan kedalam blog untuk menampung komentar dari pengunjung blog Anda. Disqus dapat langsung dipasang pada website berbasis wordpress, drupal, blogger, tumblr, dan lainnya. Jadi tidak perlu membuat form komentar sendiri.
  2. Pinterest. Mirip seperti Instagram, disini kita bisa mengupload gambar foto atau video dan membuat board atau mungkin bisa semacam kategori khusus. Ternyata mereka membuat web dengan django python. Kalau di Indonesia pinterest ini tidak terlalu tenar seperti Instagram.
  3. Instagram. Sama seperti pinterest, instagram juga situs sosial media sebagai tempat berbagi gambar foto dan video yang lebih populer di Indonesia dan juga dunia yang sekarang diakuisisi oleh Facebook. Dikembangkan pada tahun 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Krleger, dan mereka membuat web dengan django python.
  4. Djangosites. Djangosites adalah situs index yang menginformasikan situs mana saja yang menggunakan django. Ya Anda bisa mencari lebih banyak informasi situs mana saja yang dibangun berdasarkan teknologi django. Kalau Anda membuat web dengan django, bisa juga mendaftarkan disana https://www.djangosites.org/.
Back to top

3) Bagaimana Belajar Django

Tentu saja karena framework ini berbasis python, pasti pertama kali kita harus paham dulu atau minimal sudah sering berinteraksi dengan bahasa pemrograman python.

Mengapa belajar django beberapa point yang diklaim adalah pengerjaan yang cepat dan simpel. Dibuat untuk menyederhanakan pekerjaan agar menyelesaikan sebuah project lebih cepat. Salah satu faktor penting dalam pengembangan adalah keamanan, ini menjadi isu yang terus berkepanjangan. Dengan django masalah ini dapat diminimalisir seperi clickjacking, cross-site scripting, SQL injection, dll. Dan tentu saja sudah ada beberapa perusahaan besar yang menggunakannya, seperti yang sudah disebut di atas dan lainnya Dropbox juga spotify pun menggunakan ini.

Dalam pengembangan web, biasanya yang paling merepotkan adalah bagian admin dan hak akses. Django memahami hal ini sering menjadi masalah bagi developer. Maka telah disediakan panel admin siap guna, jadi tinggal menambahkan fungsi tertentu apa yang akan dilakukan dalam admin panel tersebut. Selain itu, kita tidak akan membuat script query kedatabase, disini sudah dibuat sangat baik. Kita fokus pada pengembangan saja, menambahkan fungsi yang dibutuhkan tanpa repot lagi membuat script query.

Back to top

4) Cara Kerja

Browser tidak bisa menjalankan bahasa python, browser hanya mengenali html dan javascript. Dan untuk mengembangkan website menggunakan python bisa saja tanpa framework django, Anda bisa menggabungkan pustaka pyjs untuk mengkombinasikan antara python dan javascript agar kode python kita dikenali oleh browser chrome, firefox, opera, maupun IE, dan yang lainnya. Karena python dieksekusi disisi server.

Untuk mengatasi kerumitan itu maka hadirlah kerangka kerja ini, selain itu ada juga framework bernama Flask. Yang juga sebagai kerangka kerja untuk membangun situs yang lebih simpel. Sedangkan Django, kita bisa membuat situs sederhana hingga kompleksitas tinggi aplikasi sekala besar. Itulah mengapa situs besar tadi memilih menggunakan Django daripada flask. Termasuk google pun sebagian projeknya menggunakan python pada youtube.

Jadi bahasa python akan dieksekusi disisi server atau bagian back end dan untuk berinteraksi langsung dengan pengguna, menggunakan html dan javascript yang bisa jalankan oleh browser (front end).

Back to top

5) Kesimpulan

Django telah juga digunakan oleh beberapa situs besar, ini tentu membuktikan bahwa apa yang diklaim tentang kemanan, kemudahan, dan funsional telah terbukti.

Kita tidak harus belajar semua bidang, jika dirasa perlu belajar membuat web dengan django python karena mungkin background Anda adalah web developer ini sangat baik. Atau tuntutan dari clent Anda. Yang belajar python tidak harus belajar django, tapi belajar django membutuhkan pengetahuan tentang python.

Untuk mulai belajar django, minimal memahami dulu pemrograman python dan ini sudah diulang-ulang dari awal halaman ini. Selain itu, memahami HTML, CSS, dan JavaScript juga diperlukan untuk membuat website bagian front end. Kalau Anda membangun full stack, jika mengerjakan bersama tim tentu bisa dibagi menjadi back end dan front end.

Back to top