Tutorial Belajar Django 3.1 Persiapan Awal
Tutorial Belajar Django 3.1 Persiapan Awal

Tutorial Belajar Django, yang pernah ditulis di blog ini memang tidak lengkap dan tidak berurutan. Maka dari itu, mulai dari tulisan ini saya berencana untuk membuat tutorial baru. Untuk tulisan yang belum sempat diupdate, pada kategori lain mungkin akan ditunda terlebih dahulu. Tentu saja akan fokus pada satu tema tutorial django yang disini saya akan menggunakan versi 3.1.x

Daftar Isi

Saya membuat tutorial belajar django 3.1, karena ini adalah versi terbaru. Tidak banyak perbedaan pada versi yang sebelumnya, meskipun tetap ada beberapa fitur yang tidak lagi bisa digunakan pada versi ini dibandingkan dengan versi yang lebih lama.

Karena kita butuh praktik, maka saya tidak membahas mengenai apa itu django, sejarahnya, dan lainnya. Kalau suatu saat itu dirasa perlu, maka kemungkinan bisa juga untuk dibuatkan tulisan mengenai hal itu. Informasi terkait dengan hal itu, sudah jelas ditampilkan pada website resminya yaitu di djangoproject.com silahkan kalian melihatnya pada halaman itu.

Agar kita bisa bekerja dengan baik dan lebih mudah untuk memahami bagaimana membuat website menggunakan django framework ini, maka ada yang sebaiknya sudah kita miliki terlebih dahulu. Di antaranya yaitu:

Persiapan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, django framewrok dibuat menggunakan bahasa python. Maka dari itu, sebelum kita memulai membuat website menggunakan django framework ini. Semestinya teman-teman semua sudah memiliki minimal pengetahuan dasar tentang:

  1. Bahasa Pemrograman Python.

    Yes, ini adalah bahasa pemrograman yang paling utama untuk dipeljari sebelum menggunakan Django. Dan saya yakin, selain framework django untuk bisa menggunakannya dengan baik maka haruslah mempelajari dulu bahasa pemrograman yang digunakan framework tersebut.

    Contoh lagi nih...., seperti web framework lainnya yang dibuat menggunakan PHP (karena kita sedang membicarakan tentang membuat website maka saya membandingkannya dengan PHP). Tentu saja kamu semua sudah harus bisa atau mengerti sytnax PHP. Bagaimana menggunakan percabangan di PHP, cara menggunakan perulangan, dan yang lainnya.

    Begitu juga dengan web framework django, teman semua semestinya sudah mengerti juga cara menulis kode python. Syntax python itu seperti apa, bagaimana menggunakan perulangan, percabangan, membuat variabel, dan hal dasar lainnya.

  2. Pemahaman Tentang OOP.

    Object Oriented Programming, yang disingkat dengan OOP ini adalah paradigma tentang pemrograman yang berorientasi pada objek. Dengan kita memahami OOP Python ini akan lebih memudahkan dalam mengerjakan proyek website menggunakan kerangka kerja ini.

    Pengalaman saya sendiri, tidak harus mendalam tentang OOP setidaknya kita sudah mengerti konsepnya dan memiliki pemahaman tentang hal itu.

  3. HTML dan CSS.

    Membuat website tidak lepas dari dua hal ini, HTML bukan bahasa pemrograman yang seringkali disangka adalah bahasa pemrograman. Saya pun awalnya juga mengira HTML adalah bahasa pemrograman, tapi ternyata itu keliru.

    Belajar HTML ini mudah, minimal kita mengetahui cara membuat paragraf, cara membuat link, menggunakan gambar, tabel, number list, dan div. Sepertinya itu cukup, karena selama ini yang paling sering saya gunakan seputar itu saja.

    Bagaimana dengan CSS? kamu bisa menggunakan CSS untuk mempercantik tampilan pada halaman web. Meskipun jujur saja saya tidak pernah membuat CSS sendiri untuk membuat website, saya hanya menggunakan bootstrap dan itu sangat membantu untuk mempercepat dalam membuat tampilan web page yang lebih baik.

    Tapi kalau ada yang malas seperti saya, tinggal download saja template yang sudah ada.

  4. Javascripts. Javascrips ini bahasa pemrograman lain yang juga menjadi komponen dalam membangun website, untuk menambah fungsional website dan membuat web menjadi lebih interaktif. Untuk penggunaan Javascripts ini, kita harus hati-hati karena memiliki resiko keamanan. Gunakan scripts dari sumber yang terpercaya

Membuat Project

Setelah kita punya "bekal" yang cukup untuk mengembangkan website menggunakan kerangka kerja Django, mari saatnya untuk membuat project pertama.

Pertama kalinya teman semua membuat virtual environment python, cara membuat virtual environment silahkan kamu baca lagi pada tulisan saya tentang membuat virtual environment python.

Ok, untuk info tambahan. Saya menggunakan sistem operasi Linux debian based lebih tepatnya Devuan, dan membuat pekerjaan ini pada directory project, virtual environment yang saya buat bernama env. Dan sebenernya saat saya menulis ini belum punya ide untuk membuat website apa, masih menimbang apakah akan membuat website booking tiket kereta, e-commerce, blog, atau apa yang lainnya. Jadi mengalir saja dulu. Nanti kalau sudah dapat ide bisa tinggal tambahkan app.

Ok, sekarang mulai saja step by step

  1. Membuat virtual environment, pada langkah pertama ini saya anggap sudah bisa dan sudah diaktifkan
  2. Selanjutnya menginstall django, atau teman-teman bisa mengupgrade PIP terlebih dahulu dengan perintah pip install --upgrade pip lalu menginstall Djangonya.
  3. Untuk menginstall Django, perintahnya sama saja dengan cara install modul python lainnya menggunakan PIP. pip install Django, atau kalau mau spesifik versi tertentu yang akan diinstall perintahnya pip install Django==3.1.1. Yang itu artinya saya akan menginstall Django versi 3.1.1.
  4. Selesai dengan itu, kamu sekarang sudah bisa membuat project pertama django. dengan menjalankan perintah django-admin startproject nama_project. Kalau saya ingin membuat project bernama websaya maka perintahnya django-admin startproject websaya
  5. Dilanjutkan dengan membuat APP django-admin startapp nama_app.

Setelah selesai dengan itu semua, kalian bisa membuka kode editornya dan mulai melakukan koding.

Selanjutnya

Sampai disini, kamu sudah punya satu project yang bernama websaya dan satu app. Sebelum melanjutkan koding, saya akan membahas tentang struktur directory pada django dan juga memahami apa itu project dan juga app, kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan menghubungi melalui telegram atau sosial media lain yang sudah disediakan pada menu KONTAK.