Skip to main content

Tutorial Django Bahasa Indonesia

tutorial django bahasa indonesia

Sebelum tulisan ini dibuat, sudah ada beberapa tulisan yang membahasa mengenai tutorial django bahasa Indonesia. Bagian ini dibuat sebagai rangkuman agar lebih mudah untuk mencarinya disertakan link menuju tulisan untuk pembahasan lebih lengkap dari seri tutorial belajar Django.

Kalau berbicara mengenai django, sudah tentu kita sedang belajar membuat webiste dan tidak lepas dari bahasa pemrograman python yang tentu saja pemahaman ini sudah harus kita kuasai sebelumnya. Tentu saja django adalah framework yang dibuat untuk membangun web dari bahasa python.

Untuk membuat website tentu pemrograman yang paling banyak digunakan saat ini adalah PHP yang juga banyak tersedia kerangka kerja didalamnya, beberapa diantaranya laravel, CodeIgniter, Symfony yang dipakai oleh Drupal, Zend, Phalcon, CakePHP, Yii Framework, FuelPHP, dan lainnya. Itu semua ditulis menggunakan PHP. Sebenarnya dalam PHP saat ini pun sudah mengalami perkembangan yang dulunya dikenal hanya digunakan untuk membuat website saja, tapi sekarang penggunaannya menjadi lebih luas lagi meski masih terbatas.

Sedangkan python dari awal memang bukan ditulis sebagai bahasa pemrograman membuat website, tapi lebih dari itu. Bahasa python bersifat general yang maksudnya bisa digunakan untuk membuat aplikasi apa saja tergantung dari skill programmernya.

Kembali kepembahasan kita mengenai Tutorial Django Bahasa Indonesia, yang kalau kita belajar django tentu saja tujuannya agar dapat mengetahui cara membuat website sendiri. Agar tidak melompat, berikut ini rangkuman yang saya lakukan dari awal memulai belajar djangp.

Back to top

1) Persiapan Belajar Django

Mengetahui kebutuhan sebelum mulai membuat website juga penting, bagaimana dikatakan penting karena ini adalah langkah awal untuk memulainya. Kalau tidak membuat langkah pertama tentu saja tidak akan ada lengkah yang berikutnya. Melangkah dari awal dengan cara yang benar (menurut saya) akan menentukan hasil yang baik untuk selanjutnya.

Dan pada blog ini sudah pernah dibuat pembahasannya tentang itu, karena bagian dari Tutorial Django Bahasa Indonesia. Singkatnya kita mempersiapkan hal teknis yang dibutuhkan mulai dari Python, membuat virtual environment dengan virtualenv, manajemen paket python (pip), dan installasi django. Setiap tutorial django yang saya buat menggunakan bahasa indonesia ini dipraktikkan pada django versi 2.2 atau yang lebih baru. Memang ada beberapa perbedaan syntax tapi itu tidak terlalu banyak.

Kemudian kita disini juga sudah belajar cara membuat project pertama, mengenali struktur directory pada django sejak awal installasi mana folder yang bisa diubah namanya dan mana yang tidak boleh diganti namanya.

Dalam tahap pengembangan aplikasi berbasis web menggunakan django, kita tidak membutuhkan web server seperti apache2 atau nginx. Karena kebutuhan ini sudah disediakan oleh django dengan menjalankan perintah runserver.

Jadi persiapannya hanya 3 hal yaitu install python dan membuat virtualenv kemudian install django pada virtualenv yang sudah dibuat tadi. Untuk lebih lengkapnya bisa dibuka pada mulai belajar django.

Back to top

2) Membuat App Django

Tahapan selanjutnya yang dilakukan adalah membuat app. Di Django App ini ibaratnya seperti modul yang bisa dilepas pasang, Kita bisa membuat app lebih dari satu dalam satu project django. App juga bisa digunakan kembali pada project django yang lain, dan App tidak bisa berjalan tanpa Project tapi project bisa berjalan tanpa app.

App ini bisa berupa fitur tambahan atau fungsi tambahan yang disematkan dalam website kita, misal dalam sebuah rumah yang memiliki beberapa kamar, ada dapur, ruang tamu, dan lainnya. Sebuah rumah bisa saja hanya memiliki satu kamar tidur atau tanpa memiliki dapur. Begitu juga project website pada django.

Untuk tambahannya kita membuat directory khusus tempat menyimpan file statis seperti gambar, css, dan html. File tersebut tidak bisa diakses begitu saja dan perlu melakukan penyesuaian pada beberapa setingan.

Menggunakan framework ini juga perlu mengenal rute bagaimana dia bekerja ketika menangani permintaan dari client. Yang paling pertama bersentuhan dengan user adalah file urls.py, file inilah yang menentukan arah kemana proses selanjutnya. Yang permintaan ini akan dilempar kepada views.py selanjutnya views akan menentukan pengembalian yang tepat sesuai dengan petunjuk.

Pada views.py ada dua tipe yang bisa digunakan yakni Function Based Views yang kode programmnya dibuat berdasarkan fungsi. Menggunakan fungsi pada views lebih mudah untuk dipahami dan digunakan pada aplikasi web yang tidak terlalu kompleks dan function ini umum sebagai pelajaran pertama dari membuat views.

Selain dari Function Based Views pada views juga bisa membuat tipe tampilan berbasis kelas atau Class Based Views. Tipe ini membuat views menjadi lebih ramping karena sudah banyak class built in dan kita hanya menggunakannya saja. Dengan class juga memungkinkan untuk membuat multi inharitance, kode program yang bisa digunakan kembali tentu untuk menghindari penulisan kode berulang.

Anda bisa langsung membuat dari awal hingga akhir pada satu halaman ini Membuat App Django yang belum dibahas disana adalah tentang template html

Back to top

3) Tutorial Django Bahasa Indonesia

Dan akhirnya kita sudah bisa membuat website menggunakan django, ini tutorial django bahasa Indonesia masih level dasar. Gunakan imajinasi dan logika untuk mengembangkannya kembali. Website besar seperti Instagram adalah contoh yang menggunakan django. Anda tentu bisa membuat website yang lebih bagus lagi dari itu

Back to top