Skip to main content

5 Distro Linux Untuk Pemula Pilih Yang Mana

distro linux untuk pemula

Kita akan memberi rekomendasi 5 pilihan terbaik Distro linux untuk pemula semoga ini bisa membantu pengguna linux baru untuk memilih distribusi Linux pertama mereka.

Bukan hanya Anda, saya juga pada awal ingin mencoba Linux untuk pertama kalinya menemukan kebingunan. Itu dikarenakan tersedianya ratusan pilihan distribusi linux dan parahnya saya tidak mengetahui mana yang harus dipilih. Saya pernah mencoba hampir semua distro linux ternama yang bisa ditemukan di internet waktu itu, sekitar tahun 2009. 

Masih jelas diingatan bahwa saya membeli banyak CD Linux (eits... katanya linux free.. kenapa ini membeli...?) Ya benar, linux itu free. Free bisa berarti gratis dan juga bisa berarti bebas, bebas untuk digunakan, bebas untuk disebarluaskan, bahkan bebas juga untuk dimodifikasi dan kita bebas juga menyebarkan hasil modifikasi tersebut. Dan saya membeli CD-nya bukan membeli Linuxnya. Jika Anda mengunduhnya dari internet tentu tidak akan diminta membayar.

Ok, dari semua CD yang saya dapatkan itu selain membeli, meminjam dari teman, dan ada juga yang mengunduh di Internet. Saya tidak menginstallnya di komputer pada saat itu. Karena ada yang namanya LiveCD, yakni kita bisa mencoba sistem operasi yang dapat berjalan pada media CD tanpa menginstall di harddisk dan tidak mengganggu sistem yang sudah ada.

Setelah yakin maka barulah menginstall ke harddisk dengan mode dual boot. Karena belum benar-benar mengerti apa yang bisa dilakukan di Linux.

Beberapa disro linux yang pernah saya coba, Suse, OpenSuse, Mandriva, Knoppix, Debian 6, Ubuntu 9.10, RedHat, PCLinuxOS, dan Backtrack. Percobaan itu sekitar sebelum tahun 2014. Yang paling lama saya gunakan dan diinstall di harddisk kala itu adalah Suse, OpenSuse, Debian, dan Ubuntu.

Dan akhirnya saya benar-benar bisa full beralih menggunakan Linux hingga saat ini.

Dari beberapa distri linux yang sudah saya sebutkan tadi, tidak dibahas karena tidak sesuai dengan tujuan artikel ini dibuat yaitu memilih distro linux untuk pemula.

Perlu diingat bahwa urutan berikut ini random, saya memilih berdasarkan kemudahan installasi, dukungan terhadap hardware, dan ketersediaan paket software tertentu.

Back to top

1) Ubuntu

ubuntu distro linux untuk pemula

Mungkin sebelum Anda membuka halaman ini, sudah terlebih dahulu membuka halaman lain yang membahas tentang distro linux untuk pemula dan menemukan bahwa ubuntu selalu ada dipilihan yang direkomendasikan oleh penulis lain.

Dan memang faktanya adalah Ubuntu merupakan pilihan pertama bagi banyak pemula linux yang ingin mencoba. Pilihan yang sempurna untuk memulai petualangan Anda bersama GNU/Linux.

Kalaupun Anda belum mengetahui secara spesifik untuk apa Anda menggunakan Linux, lebih tepat memang menggunakan Ubuntu. Karena memang pihak Canocical sebagai penanggung jawab pengembangan Ubuntu telah berupaya membuat Ubuntu menjadi universal.

Ubuntu telah berupaya sebaik mungkin untuk mempermudah penggunanya tanpa kerumitan dengan hal teknis yang menjadi suatu tidak disenangi oleh kebanyakan pengguna awamm yaitu Command Line. Terutama yang berangkat dari OS Windows.

Saya kira ini juga yang menjadikan Ubuntu menjadi tujuan awal dan banyak yang merekomendasikan ubuntu distro linux untuk pemula.

Ubuntu menawarkan kemudahan installasi, dan hampir semua distro linux termasuk ubuntu juga menawarkan mode LiveCD untuk mencoba. Sekarang bisa diinstall dimedia USB Disk atau FlaskDisk.

Kitapun dapat menginstall di komputer tanpa mengganggu sistem yang sudah ada, yaitu dengan istilah DualBoot. Dapat dikonfigurasi dengan mudah.

Sejauh saya menggunakan Ubuntu, tidak pernah terkendala dengan driver. Terlebih jika terhubung dengan internet. Memang ada beberapa kasus yang pernah saya alami adalah kesulitan untuk mengaktifkan Modem USB, itu terjadi pada sekitar tahun 2010 yang lalu. Dan sekarang nampaknya masalah itu sudah hilang.

Di Indonesia sendiri ubuntu memiliki komunitas yang luar biasa besar, jadi tidaklah akan kesulitan jika ditengah nanti mengalami kesulitan. Karena ada ratusan tutorial yang bertebaran, tinggal Anda mau mencari atau tidak.

Back to top

2) Linux Mint

linux mint untuk pemula

Singkat kata untuk Linux Mint, Elegan, modern, dan mudah digunakan. Denga lingkungan Desktop Cinnamon pengguna linux pemula akan merasa tidak berganti OS. Linux mint mengelompokkan software berdasarkan kegunannya, meski ini tidaklah suatu yang luar biasa tapi untuk pemula ini sangat membantu. Pasalnya user baru di linux akan kebingungan dengan nama-nama software yang berbeda dari OS sebelumnya, karena memang belum tau. Jadi dengan dikelompokkan berdasarkan kategori, akan memudahkan bagi user baru. Linux Mint memang layak dikatakan distro linux untuk pemula.

Kelebihan lain yang dimiliki adalah dapat berjalan baik dikomputer lama, tidak seperti OS Windows 7 yang membutuhkan hardware spesifikasi tinggi. Linux mint bisa berjalan di prosesor x86 atau intel pentium yang 32bit meski direkomendasikan yang 64bit. Hanya dengan RAM 512MB dan Harddisk 5GB itu sudah cukup untuk Linux mint bisa beroperasi dengan baik.

Anda yang dari pengguna Windows 7 tidak merasa bahwa linux min adalah sistem yang berbeda. Dari segi tampilan memiliki ikon yang mirip, toolbar, menu, yang akan membuat betah berlama-lama.

Linux mint menjadi pilihan yang juga patut dipertimbangkan diantara daftar disto linux untuk pemula.

Back to top

3) Zorin OS

zorin linux untuk pemula

Diakui bahwa sebagian besar komputer didunia ini menggunakan sistem operasi Windows. Dan sebagian besar dari pengguna windows sudah terbiasa dengan start menu yang setiap ingin membuka aplikasi langsung mengarahkan pointer mousenya ke kiri bawah. Di Zorin OS Anda tidak kehilangan kebiasaan itu.

YEss, Zorin OS dibuat khusus untuk mereka yang sedari awal menggunakan Windows tapi tidak ingin kehilangan sensasi menggunakan Windows. Karena sudah terbiasa dengan lingkungan OS lama, mereka kadang merasa enggan untuk beralih kepada sesuatu yang asing. Meski pada dasarnya Linux OS bisa dugunakan oleh semua orang dan bisa dibuat semirip mungkin. Tapi mustahil pengguna baru dapat melakukan itu. Karena itu merupakan pekerjaan baru, dan tidak semua orang mau melakukannya.

Zorin OS hadir dengan bermacam aplikasi pre install, jadi untuk pendatang baru memang sudah dimanjakan disini. Anda kemungkinan besar akan menemukan yang Anda butuhkan disini. Dan tidak hanya itu saja, Emulator Wine dan PlayOnLinux juga sudah terinstall. Yang memungkinkan Anda bisa menjalankan aplikasi software Windows juga termasuk game di Windows bisa dijalankan dengan Zorin OS.

Zorin OS memiliki tema yang disebut Zorin Look Changer, ini memungkinkan Anda mengganti tema terlihat seperti Windows 7, XP, dan 2000, bahkan MAC. Yang membuat Anda semakin nyaman. Dan saya menyebutnya ini adalah distro terbarik, distro linux untuk pemula.

Back to top

4) Elementary OS

elementary os linux untuk pemula

Berbeda Zorin OS yang mentargetkan dari pengguna Windows, Elementary OS menargetkan dari para pengguna MacOS. Sejak terinspirasi dari MacOS, Elementary OS termasuk distro linux dengan tampilan terindah.

Elementary OS berbasis Ubuntu yang dikenal dengan kestabilannya itu. Dengan memiliki tampilan yang mirip MacOS, berarti pengguna yang berasal dari MacOS memiliki keuntungan lebih mudah beradaptasi karena mereka sudah terbiasa dengan tampilan seperti ini. 

Menu yang sederhana dan dapat diubah sesuai denga preferensi usernya. Dan pengguna baru bisa lebih fokus pada pekerjaan mereka. Untuk paket software, pengguna bisa menentukan aplikasi yang akan diinstallnya melalui AppCenter. Karena Elementary OS menyertakan sedikit aplikasi pra install. Karena menghindari besarnya penggunaan ruang penyimpanan.

Back to top

5) Manjaro Linux

manjaro linux untuk pemula

Manjaro Linux berbasi Arch Linux, merekomendasikan Arch Linux untuk pemula adalah dosa. Karena Arch Linux dikenal distro untuk yang sudah ahli karena kompleksnya installasi.

Meski Manjaro dan Arch berasal dari asal yang sama, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang jauh. Manjaro memiliki cara installasi yang ramah terhadap pengguna baru, memiliki banyak hal otomatis diantaranya adalah cara install driver dengan "hardware detection". Segala kerepotan Arch sudah ditiadakan di Manjaro serta memiliki komunitas yang juga besar.

Manjaro memiliki repository sendiri untuk menyediakan paket software terbaru, meski begitu Manjaro tetap mengutamakan stabilitas yang tidak bisa diganggu samasekali. Manjaro memilih untuk menunda perilisan paket sebelum benar-benar dipastikan stabil, lagi pula Anda juga masih bisa mengakses repository Arch di Manjaro.

Back to top

6) Pilih Mana Distro Linux Untuk Pemula

Dari Distro linux untuk pemula yang sudah dituliskan di atas, menurut Anda ingin menggunakan yang mana?

Untuk mencoba semua distro di atas, Anda membutuhkan USB Disk. Tujuannya adalah agar bisa di boot melalui USB Disk sebagai pertimbangan. Untuk dicoba terlebih dahulu tanpa harus install di harddisk.

Back to top