Apakah SparkyLinux Distro Linux Untuk Pemula?
Apakah SparkyLinux Distro Linux Untuk Pemula?

Berbeda dengan sistem operasi lain yang hanya memiliki satu varian saja, GNU/Linux atau lebih akrab disebut dengan Linux memiliki banyak varian yang sering kali pemula kesulitan memilih mana yang cocok untuknya. Satu diantara ribuan Disrto Linux yang ada bernama SparkyLinux, entah ini Distro linux untuk pemula atau tidak?.

Distro linux untuk pemula pun tidak hanya satu atau beberapa saja, pilihan linux untuk pemula pun ratusan jumlahnya. Dari yang paling populer hingga yang tidak begitu populer. Kemunculan beragam varian ini disebabkan karena sifat dari lisensi GNU/Linux itu sendiri yang sudah kita semua ketahui yaitu FREE dan Open Source. Kata FREE disini bisa berarti Gratis dan juga bisa diartikan sebagai BEBAS.

Gratis yang dimaksud adalah tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun untuk menggunakan software tersebut, semua orang bisa mengunduhnya tanpa membayar. Dan BEBAS yang menandakan semua orang bebas untuk menggunakan, menyebar luaskan, dan bahkan bebas untuk memodifikasi sebuah software atau perangkat lunak tertentu dan bebas juga menyebar luaskan hasil modifikasi yang sudah dilakukan terhadap software itu.

Satu lagi adalah open source atau sumber terbuka, yakni kita bisa meminta source kode (kode program) yang digunakan untuk membangun sebuah software dari pembuatnya. Meski belum tentu gratis, tapi tetap bebas.

Baca Juga: Distro Linux Untuk Pemula

Tentang SparkyLinux

Sparky Linux adalah salah satu dari sekian banyak distribusi GNU/Linux yang beredar jagat perkomputeran yang berlisensi Free OpenSource. Sparky Linux dibuat berbasis Debian.

OS yang ringan dan dapat diandalkan, dengan pilihan versi berbeda yang tentu memiliki fungsi yang berbeda juga. Namun tetap dapat dikostumisasi sesuai dengan selera penggunanya.

Adapun pilihan versi dari Sparky Linux adalah

  1. Minimal GUI dengan openbox manager yang berisi software paket minimal (paket dasar) setelah itu pengguna bisa menambahkan software apapun sesuai dengan kebutuhannya. Disini juga bisa menambahkan Desktop Manager yang diinginkan. Pada versi Minimal GUI ada tiga pilihan yang memiliki tujuan berbeda.

     

    • GameOver, untuk pengguna yang hobi game (gamers)
    • Multimedia, untuk pembuatan halaman html, audio, dan video
    • Rescue, untuk recovery sistem

     

  2. Minimal CLI versi ini tidak cocok untuk pemula karena tidak menyertakan Server X atau Desktop. Menggunakan Minimal CLI lebih leluasa dalam menentukan paket aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja, tentu harus memiliki pengetahuan tentang Linux. Sebab versi tidak akan menemukan tampilan lain selain command line.

 

SparkyLinux mendukung kurang lebih 20 desktop environment dan window manager. Dengan dukungan ini berarti penggunanya memiliki kebebasan yang banyak untuk memilih apapun yang mereka sukai. Alasannya karena setiap komputer berbeda kegunaannya, ada yang digunakan untuk bekerja, untuk kebutuhan multimedia, game, dan lainnya. Jadi jika dalam satu distro memberikan banyak sekali aplikasi terinstall, maka itu tidak berguna bagi sebagian orang. Sebab tujuan kegunaan tadi, maka seorang gamers tidak akan menggunakan text editor untuk bermain game. Pun demikian dengan yang lainnya.

Fitur Utama SparkyLinux

Pada kemampuan tentang linux tingat menengah, terbaik adalah memilih yang stabil. Keuntungan ini tentu saja sedikit bug, meski mungkin ada beberapa paket aplikasi yang sudah agak ketinggalan. Tapi ini memberikan kenyamanan dalam penggunaannya. Jika dirasa membutuhkan paket tertentu keluaran terbaru, maka tidak ada salahnya memilih yang dalam tahap pengembangan, tapi sistemnya belum stabil.

Fitur Utama Sparky Linux

Sparky menawarkan fitur yang mungkin Anda suka

  1. Berbasis Debian
  2. Termasuk distro yang menganut rolling rilis stabil dan semi rolling
  3. Ringan, cepat, dan sederhana
  4. Bebas memilih desktop favorit
  5. Memiliki edisi khusus, GameOver, MultiMedia, dan Rescue
  6. Minimal CLI, adalah pilihan kebebasan untuk membangun sistem desktop yang dibutuhkan saja.
  7. Menukung sebagian besar kartu jaringan dan juga seluler
  8. Memiliki repository sendiri
  9. Dapat diinstall diharddisk dan USB dengan mudah

Kesimpulan

Dari pemaparan yang sudah terjadi, Sparky Linux ini kurang cocok untuk pemula. Jadi SparkyLinux bukanlah distro linux untuk pemula. Meski begitu bagi pemula yang suka tantangan tetap dapat menggunakan Sparky Linux.

Hal ini pun sudah dijelaskan pada halaman situs resmi Sparky Linux, Anda bisa mengunjunginya di alamat https://sparkylinux.org/about/ untuk melihat lebih jauh. Apakah Anda mencari disrto linux untuk pemula? mungkin bisa membaca referensi saya