Skip to main content

Bahasa Pemrograman Python Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

bahasa pemrograman python

Bahasa pemrograman python memiliki fitur yang banyak dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bahasa python termasuk dalam bahasa pemrograman dinamis, ini adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tentang bahasa pemrograman tingkat tinggi. Disebut dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi karena memiliki sifat portabel, yaitu dapat dijalankan atau dieksekusi pada semua platfom sistem operasi.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi memiliki perilaku yang mudah dikenali, yaitu dapat berjalan runtime. Program akan dapat langsung dijalankan tanpa melakukan kompilasi terlebih dahulu. Dengan menggunakan enterpreter, program langsung dieksekusi setelah selesai menuliskan baris kode.

Baca juga: Buku Python

Python memiliki syntax (sintaksis) yang mudah dibaca, dengan banyak pustaka membuatnya menjadi lebih mudah digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sebagai bahasa pemrograman multi platfom, python dapat berjalan pada beberapa sistem operasi diantaranya Linux, Windows, Mac OS, JVM (Java Virtual Machine), OS/2, Palm, Symbian, dan Amiga. Dengan lisensi Open Source maupun GPL, juga ada lisensi tertentu pada beberapa versi terdahulu, namun inti dari semua lisensi itu adalah FREE (Bebas). Dengan lisensi yang bebas itu, python juga memiliki komunitas yang sangat besar.

Selain dari bahasa pemrograman python, yang termasuk kedalam bahasa pemrograman dinamis adalah Ruby, PHP, Lua, Perl, Java, Jython, BeanShell, dan ActionScript. Beberapa bahasa pemrograman terdengar agak asing buat saya yaitu BeanSheel dan ActionScript.

Back to top

1) Fitur Bahasa Pemrograman Python

Fitur yang dimiliki python, berkat dari kontribusi banyak pihak. Setidaknya ada minimal 8 fitur utama, yaitu

  • Pustaka atau Library yang banyak. Kamu tidak akan kehabisan fungsi dari python, karena memiliki banyak modul yang siap pakai untuk berbagai kebutuhan. Bagaimana mungkin bisa kekurangan library, sedangkan sudah tersedia ratusan ribut paket pustaka. Silahkan cek di situs https://pypi.org/
  • Fitur ini yang paling saya suka, yaitu tata bahasa yang mudah dipelajari. Membaca kode python hampis seperti membaca teks biasa (dalam bahasa inggris).
  • Dengan tata bahasa yang mudah dipahami, berarti memiliki layout kode yang juga memudahkan programer untuk melakukan pemeriksaan.
  • Object Oriented Programming (OOP) yaitu paradigma pemrograman yang berorientasi pada objek.
  • Sistem pengelolaan memori otomatis.
  • Bersifat modular, untuk memperkaya fungsionalitas pada python. Pengembang juga dapat membuat modul baru yang bisa ditulis dari bahasa python maupun juga C/C++.
  • Memiliki sistem manajemen memori yang sangat baik. Selain python dan java, sistem ini dibuat secara manual agar membebaskan objek yang sudah tidak terpakai dari memori. Dan python melakukannya secara otomatis, jadi programmer tidak perlu melakukan itu.
  • Fitur ini juga penting, yaitu memiliki banyak fasilitas pendukung untuk memudahkan pengoperasiannya.
Back to top

2) Kegunaan Bahasa Pemrograman Python

Kalau saja bahasa pemrograman python tidak berguna, mana bisa dia bertahan hingga saat ini sejak diluncurkan pada tahun 1991. Sudah banyak aplikasi yang dibuat dengan python, meliputi aplikasi besar seperti blender dan beberapa aplikasi lainnya. Disini saya coba untuk merangkum beberapa aplikasi dan pustaka yang sudah dibuat dengan python.

2.1) Web Development

Untuk memenuhi kebutuhan proyek pembuatan website, python juga memiliki sejumlah framework yang digunakan untuk membuat website. Ada Django dan Pyramid, kedua framework ini bisa kamu manfaatkan untuk membangun website dengan skala yang besar. Website besar juga ada yang menggunakan framework python ini.

Baca juga: Belajar Django

Untuk membuat website yang tidak begitu besar bisa menggunakan Flask atau Bootle, keduanya ini adalah micro-framework. Untuk yang membutuhkan content management system (CMS) bisa menggunakan Django CMS atau Plone.

Pada kebutuhan tertentu yang menginginkan pustaka standar pada pembuatan website, python juga memiliki library HTML dan XML, JSON, E-Mail Processing, FTP, IMAP, Socket Interface, dan Internet Protocols. Pada kategori web developmen ini, beberapa library yang sudah disebutkan merupakan yang paling banyak digunakan.

Kalau kamu membuat aplikasi lain dan masih berhubungan dengan internet protocol serta website, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa pustaka seperti Requests dan Beautiful Soup yang biasanya digunakan untuk scrap website. Sebagai tambahan juga ada Feedparser, Paramiko, Twisted Python.

2.2) Sains dan Angka

Anda butuh dengan program yang dapat mengelola data sains serta angka-angka seperti statistik? Python juga memiliki pustaka untuk keperluan itu.

SciPy salah satu pustaka yang berguna untuk pembuatan aplikasi matematik, sains meliputi data sains dan sebagainya, juga Engineering untuk teknik dan rekayasa.

Tidak lupa juga dengan Pandas untuk pendukung analisis data dan alat manipulasi yang termasuk pustaka paling banyak digunakan dibidangnya. Ditambah lagi dengan Software Carpentry Course untuk mempelajari kemampuan dasar pada komputer sains.

2.3) Desktop GUI

Saya pernah membaca sebuah pertanyaan di group facebook, seperti apa python wujudnya? sebenarnya pertanyaan ini masih kurang jelas menurut saya. Kalau saya sendiri wujud python itu bisa berbagai macam, tergantung dari program yang dibuat. Karena python bukan bahasa pemrograman khusus untuk aplikasi tertentu. Seperti PHP yang khusus dibuat untuk membangun website, meski sekarang PHP juga dapat digunakan untuk keperluan aplikasi selain membuat website.

Berbicara tentang desktop GUI pada python, yang nyatanya juga sudah banyak tersedia framework dan library.

Python sendiri, untuk membuat GUI sudah menyediakan built-in library yang bernama Tkinter. Kita sudah tidak lagi memerlukan toolkit untuk membuat aplikasi desktop, karena sudah ada Tkinter. Tapi kalau masih kurang dan ingin membuat yang lebih dari itu, python juga tetap memiliki banyak pilihan untuk membuat aplikasi desktop, seperti diantaranya

wxWidgets, Kivy dengan kivy kamu bisa membuat aplikasi desktop dan juga aplikasi android dengan python. Kivy mendukung multi touch. Ada juga pyqt dan pyside pada QT.

Untuk yang lebih spesifik misalnya dengan GTK+ dan juga win32 extensions.

2.4) Software Development

Kamu juga bisa memanfaatkan python untuk mendukung dalam pengembangan perangkat lunak. Melakukan kontrol dan manajemen, pengujian, dan dalam banyak bidang lainnya.

Scons, buildbot dan apache gump untuk pengujian otomatis dan kompilasi, Roundup dan Trac untuk pelacakan bug dan manajemen proyek.

2.5) Aplikasi Bisnis

Yang termasuk dalam aplikasi bisnis ERP dan e-Commerce, kamu bisa mencoba Odoo yaitu manajemen perangkat lunak yang menawarkan berbagai aplikasi bisnis lengkap, aplikasi yang lengkap untuk manajemen perusahaan. Selain itu ada Tryton untuk aplikasi bisnis dengan tujuan umum.

Back to top

3) Akhir Kata

Singkat saja, python sudah cukup lengkap dengan segala ketersediaan pustaka(library)/modul/toolkit untuk membuat berbagai aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Memang dalam penerapannya, tidak semua harus menggunakan python. Meski python saja sudah bisa menangani semua kebutuhan itu. Dan tentu saja, masih banyak bahasa pemrograman lain yang mungkin akan lebih mudah digunakan untuk kepentingan tertentu. Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakannya, pelajari mana yang lebih mudah digunakan. Kalau tidak, bisa jadi python sebagai pilihan utama kamu.

Back to top