Skip to main content

BeeWare vs Kivy, Framework Python Terbaik Membuat Applikasi Android?

beeware vs kivy kelebihan dan kekurangan

Bahasa Pemrograman Python lebih banyak digunakan untuk mengembangkan program pada backend, banyak programmer akan langsung kepikiran Python jika berurusan dengen pengembangan backend. Apakah hal yang sama terjadi juga kalau berbicara tentang pengembangan App Seluler? Misalnya Antara BeeWare vs Kivy, apa benar termasuk Framework Python terbaik untuk membuat aplikasi Android, atau aplikasi selular platform lainnya?

Python bahasa pemrograman yang dinamis tingkat tinggi, interpreted, dan bertujuan umum juga merupakan salah satu dari bahasa pemrograman yang paling cepat berkembang. Kamu bisa melihatnya di Tiobe Index untuk memantau perkembangan tersebut dari waktu kewaktu. Tapi...

Hal pertama yang menjadi pertanyaan adalah, Apakah Python bisa digunakan untuk membuat applikasi mobile seperti untuk Android dan iOS? Lalu kalau bisa bagaimana caranya membuat aplikasi Android misalnya yang skalabel, aman, dan menghadirkan banyak fitur menggunakan python? Selanjutnya apakah ada Framework atau kerangka kerja yang bisa digunakan serta tool (alat) pendukung lainnya?

Pertanyaan seperti ini mungkin saja pernah Kamu lontarkan, seperti pada beberapa developer lain. Dalam halaman ini mari kita coba mencari tau jawabannya satu persatu. Mungkin sebagian sudah bisa menebak jawabannya berdasarkan Judul. Dan semoga juga jawaban yang akan kita temukan bisa cukup untuk dimuat dalam satu halaman ini.

Back to top

1) Membuat Aplikasi Android Dengan Python

Melihat kebelakang pada beberapa tahun yang lalu, untuk membuat aplikasi Android dengan python sepertinya itu hanya mimpi siang bolong. Dan coba lihat sekarang, hal itu sangat menjadi mungkin. Saya juga pernah mendengar yang katanya untuk membuat aplikasi Android dengan python itu lebih ribet, dan lebih disarankan menggunakan bahasa yang lainnya saja. Tapi itu mungkin beberapa tahun yang lalu.

Karena sekarang sudah ada setidaknya dua Framework untuk pengembang aplikasi seluler yaitu BeeWare dan Kivy. Kita akan melihat perbandingan kecil dari keduanya BeeWare vs Kivy. Tentu sudah dipahami semua bahwa python dapat berjalan pada semua sistem operasi utama. Ditambah lagi pengguna ponsel yang terus meningkat yang diikuti dengan permintaan agar python dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile. Python telah berevolusi dalam beberapa tahun terakhir, ini membuatnya menjadi suatu pertimbangan penting untuk dipilih dalam hal pengembangan aplikasi.

Dengan adanya Kedua framework tersebut, itu akan menambah kekuatan yang dimiliki oleh python saat ini. Yang membuatnya juga dapat berjalan pada cross platform Linux, MacOS, Windos, Android, dan iOS. Selain dari syntax yang mudah dimengerti, mudah diimplementasikan, dan interpreted. Python dapat membuat program yang sama dengan baris kode yang kurang dari yang lainnya. Karena python adalah yang paling sederhana.

Implementasi yang sederhana dan juga pada saat yang sama untuk membuat program baris kode lebih sedikit juga memiliki struktur yang bersih dibandingakn bahasa lain. Kedua kerangka kerja ini yaitu Kivy dan BeeWare, ikut serta dalam memainkan peran utama agar dapat membangun aplikasi seluler lebih mudah menggunakan python karena syntax python yang jelas, Mari kita lihat mereka satu persatu.

Back to top

2) Antara BeeWare vs Kivy

Pada dasarnya tulisan ini dibuat bukan untuk merendahkan salah satunya, melainkan untuk mengetahui lebih dari keduanya. Karena diantaranya memiliki beberapa perbedaan fitur, dan juga kita bisa memilih satu framework yang tepat untuk membangun aplikasi tertentu. Jadi, sebagai pengembang aplikasi juga dituntut untuk memahami beberapa framework.

Sehingga membuat pekerjaan menjadi efektif, misalnya membuat aplikasi game apakah lebih baik menggunakan BeeWare atau lebih mudah menggunakan Kivy. Begitu juga yang lainnya.

2.1) Kivy Framework

Kivy adalah pustaka open source yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile (Android dan iOS) juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop. Dengan dukungan terhadap multi-touch, input keyboard, input mouse, dan lainnya.

Ketika seseorang membuat aplikasi untuk Android misalnya, maka perlu konsistensi dan portabilitas memberikan antarmuka yang kurang lebih sama dengan yang aslinya.

Kivy hadir dengan toolkit antar muka khusus yang menawarkan versi versi sendiri yang menawarkan tombol, teks, form, label, dan banyak lagi. Semua itu, aplikasi yang dibuat menggunakan kivy memiliki tampilan yang sama saat dijalankan pada platform manapun. Karena itu, semua kontrol atau widget semuanya harus dibuat. Ini bisa menjadi nilai tambah dan mungkin juga sebagian menganggap sebagai kekurangannya. Karena aplikasi Android tidak serasa seperti Android.

Tapi fitur asli (tombol, kontrol, widget, dll) tidak begitu penting pada pembuat game, dan juga untuk pengembang UI Non-Asli. Kamu bisa mulai dari sini untuk belajar Kivy.

Aplikasi yang sudah diupload di Google Play Store cari dengan keyword kivy, Kamu akan menemukan banyak disana.

BeeWare Framework

Kerangka kerja BeeWare juga dapat digunakan untuk membuat software GUI pada perangkat seluler maupun Desktop dengan UI asli dari masing-masing platform. Pada Kivy, tombol dan kontrol menggunakan style yang sama pada semua plaftofm, berbeda dengan BeeWare yang menggunakan UI yang asli dari platform tersebut.

Framework BeeWare tergolong masih baru, yang tentu saja masih lebih banyak pekerjaan yang akan terus dikembangkan termasuk kemungkinan ada perubahan API yang bisa saja terjadi. Karena masih baru, jadi masih belum memiliki banyak pengalaman. Saya juga belum tahu apakah sudah ada aplikasi yang diupload ke Google Play Store.

Back to top

3) BeeWare vs Kivy

Kita akan sedikit membandingakan Kelebihan dan juga kekurangan Antara BeeWare vs Kivy

Baca juga: Kivy WebView

beeware vs kivy

Kelebihan Kivy

  • Pustaka python yang Open Source dirancang untuk membuat aplikasi lebih cepat.
  • Dapat berjalan dengan baik pada Linux, Windows, MacOS, Android, Raspberry Pi,
  • Memungkinkan untuk meneksekusi baris kode yang sama disemua platform
  • Tetap mempertahankan kemudahan syntax python, dan representasi yang lebih baik dari semua fungsi program.
  • Terorganisir dan cepat.

Kekurangan Kivy

  • Harus mengkompilase kode
  • Harus dengan pustaka lain apabila membuat aplikasi yang kompleks
beeware vs kivy

Kelebihan BeeWare

  • Kerangka kerja Open Source
  • Aplikasi dengan nuansa UI yang asli pada setiap platform
  • Didukung oleh komunitas
  • Komitmen dari komunitas untuk mengembangkan dan mempertahankannya.

Kelemahan BeeWare

  • Masih baru dan belum dieksplorasi
Back to top

4) Akhir Kata

Tidak diragukan lagi, python telah dapat juga digunakan untuk membuat aplikasi android dan iOS, selain dari pengembangan software desktop dan Web App.

Sekarang pilihan untuk pengembang seluler adalah untuk mempertimbangkannya secara bijak, Apabila perimbangannya tidak terlalu membutuhkan UI Asli maka bisa memilih Kivy dan juga sebaliknya. Kivy adalah kerangka kerja yang sudah matang, sementara BeeWare masih tetap dikembangkan hingga lebih banyak yang meneksplorasinya.

Back to top