Belajar Bahasa Pemrograman Python
Belajar Bahasa Pemrograman Python

Bahasa pemrograman python akhir-akhir ini memang lagi naik Daun, karena berkembangnya ilmu pengetahuan dibidang teknologi. Pernahkan Anda mendengar tentang Machine Learning dan Artificial Intelligence? Kedua istilah itu nampak semakin lebih sering terdengan oleh saya disini. Dan karena itu juga banyak orang belajar bahasa pemrograman python. Mungkin termasuk Anda juga ingin Belajar Python

Daftar Isi

Sebenernya belajar bahasa pemrograman python itu bukan hanya untuk machine learning saja, python bisa dikembangkan dalam berbagai-macam kebutuhan karena flexibelnya. Selain Machine Learning, python juga dimanfaatkan untuk pengembangan web, membuat robot, data mining, aplikasi desktop, bahkan game 3D juga bisa dibuat dengan bahasa python.

Belajar Bahasa Pemrograman Python Machine Learning

Bahasa pemrograman python digunakan untuk machine learning, Ternyata setelah saya mencari informasi lebih banyak tentang ini, lebih banyak menjelaskan tentang kemudahan menggunakan bahasa python dibandingkan yang lain. Yang sering digunakan juga dalam machine learning adalah bahasa R. Selain itu juga bahasa python memiliki fitur yang lengkap karena ada banyak modul dan library yang telah disediakan untuk mendukung penerapan machine learning.

Machine Learning sendiri adalah bagian dari AI (Artificial Intelligence), yaitu suatu program yang dibuat agar komputer bisa mengambil keputusan sendiri berdasarkan statistik data tertentu. Dan Algoritma ini akan meningkat sesuai dengan pengalamannya dari waktu ke waktu seiring bertambahnya juga data baru.

Beberapa hal sederhana yang sering kita temui itu juga termasuk program machine learning, seperti pendeteksi spam, pendeteksi wajah, asisten virtual, dan ada tuh sekarang di Jepang mobil yang bisa jalan tanpa sopir.

Belajar Python untuk Web

Banyak tersedia kerangka kerja (Framework) dari PHP, dan pun di python juga tersedia framework untuk membuat website. Adalah Django dan Flask yang paling populer dikalangan pengembang web berbasis Bahasa pemrograman Python.

Baca Juga: Belajar Django

Tapi bukan seperti PHP yang dieksekusi oleh browser, karena bworser tidak mengenal bahasa python. Browser mengenal HTML dan JavaScript. Karena itu selain kemampuan akan bahasa python, Anda juga setidaknya memiliki pengetahuan untuk HTML dan juga JavaScript.

Sebab kode python kita akan dieksekusi disisi server sedangkan outputnya berupa javascrip dan html yang akan dijalankan oleh browser.

Website apa yang bisa dihasilkan, dalam hal ini sesuai dengan kemampuan dan kemahiran pengembang itu sendiri. Karena bisa dikembangkan dalam konsep yang luas.

Data Mining

Jujur saja saya dengan istilah ini belum terbayang sama sekali, apa itu data mining, dan bagaimana prosesnya. Setidaknya memiliki teori yang kira-kira seperti ini, Adalah sebuah proses analisis data besar dan membuat susunan untuk diprediksi kecenderungannya. Biasanya yang melakukan ini oleh jejaring sosial, TNI, polisi dalam menganalisa gambaran kriminal, BPS, dan banyak lagi.

Aplikasi GUI

Tidak semua orang suka dengan CLI atau Command Line Interface, karena dari itu dibuatlah GUI (Graphical User Interface) yang memudahkan pengguna dalam beritneraksi dengan komputer. Lebih senang dengan mouse.

GUI atau CLI itu hanya interface saja, fungsi yang sebenarnya tetap sesuai dengan tujuan pembuatannya. Setidaknya python memiliki 4 modul yang populer untuk membuat GUI. Tkinter, PyGTK, wxPython, dan Kivy (untuk membuat aplikasi selular)

Baca Juga : Membuat Aplikasi GUI Python Dengan Modul

Python untuk Game

Saya sempat tertarik membuat aplikasi game menggunakan python, tapi sampai sekarang belum sempat mencobanya.... Dan ini juga yang membuat saya tertarik untuk belajar bahasa pemrograman python. Minimal meski belum sempat mencoba, sudah ada refrensi modul yang akan digunakan. Diantaranya PyGame, yang menjadi primadona oleh pengembang game. Ada lagi PyOpenGL, Panda3D, dan Arcade.

Kesimpulan

Wah... ternyata belajar bahasa pemrograman python tidak rugi, apalagi sekarang lagi naik dan semakin terkenal. 

Ternyata juga bahasa python bisa digunakan untuk banyak keperluan, dan kembali kepada pengembangnya dia mau fokus kemana.

Saya sendiri saat ini memutuskan untuk lebih fokus dalam pengembangan website. Yang dalam aplikasi website itu juga bisa dikembangkan menjadi lebih luas fungsinya.