Dari Mana Memulai Belajar Bahasa Pemrograman Python
Dari Mana Memulai Belajar Bahasa Pemrograman Python

Python adalah bahasa pemrograman high level yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang umum, diciptakan oleh Guido van Rossum yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1991. Python memiliki fitur diantaranya manajemen memory otomatis, system dinamis, dan mendukung pemrograman multi paradigma, yang mencakup diantaranya Object Oriented Programming (OOP), Fungsional Programming, dan juga Prosedural.

Saat ini versi python yang banyak digunakan ada 2, yaitu versi 3.x dan versi 2.x. Versi 2.x sudah tidak dikembangkan lagi dan tidak ada fitur baru lagi sejak tahun ini (2020), tapi hingga saat ini masih banyak aplikasi yang menggunakan python versi 2.x. Sedangkan Python versi 3.x, ini adalah versi python yang masih terus dikembangkan, dan masih mendapatkan pembaruan baik itu pada fitur dan juga keamanan.

Python versi 2.x dan 3.x disebut versi mayor, untuk yang 2.x versi terakhir adalah 2.7, dan pada versi 3.x saat ini versi terakhir adalah versi 3.9.0.

Apakah Python Sudah Terinstall

Cara install python, ini sangat mudah. Sama saja seperti kita menginstall aplikasi lainnya yaitu dengan apt-get install python3, atau juga bisa install melalui source yang bisa didownload pada situs resmi python.org.

Ok, sekarang kita lihat terlebih dahulu pada sistem operasi yang digunakan apakah sudah terinstall python atau belum. Pada sistem operasi Linux, secara default sudah ada python yang terinstall. Hanya mungkin berbeda versi saya, tergantung dari distro yang digunakan.

Untuk melihat apakah python sudah terinstall atau belum, seperti ini.

belajar python cek versi

Pada sistem operasi yang saya gunakan, ada 3 versi python yang sudah dipasang. Versi 2.7.16 ini python bawaan. Maksudnya versi 2.7.16, adalah python yang sudah terinstall pada distro Linux yang saya gunakan. Versi 3.7.3 dan versi 3.8.5, adalah python yang saya install sendiri.

Kalau ada lebih dari satu versi python yang terinstall seperti itu, maka untuk mengaksesnya atau menjalankannya, tambahkan angka setelah python. Jika tidak, maka saat menjalankan perintah python maka, yang akan dijalankan adalah python versi 2.7.16. Untuk bisa menggunakan python versi lainnya, maka pada perintah python ditambahkan angka. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, perintah python3 untuk menjalankan python versi 3.7.x dan yang terakhir untuk menjalankan python versi 3.8.5 menggunakan perintah python3.8

Antara Python versi 2.x dan 3.x, memiliki banyak perbedaan. Misalkan saja print, ini adalah salah satu suatu fungsi yang banyak digunakan. Dalam penulisannya pada versi 2.x menggunakan spasi seperti ini print 'Hello World' sedangkan pada Python versi 3.x itu menggunakan dalam kurung seperti ini print('Hello World').

Interaktive Python Shell

Menjalankan perintah python diterminal, kita akan berhadapan dengan interaktiv python shell. Yang dikenal juga dengan Python Interpreter, atau disingkat REPL (Read Evaluate Print Loop)

Tampilannya akan seperti berikut, antara kedua versi tidak berbeda.

belajar python interpreter

Akhir Kata

Baik, teman-teman semua. Sebelum mulai belajar python, tentu kita memastikan terlebih dahulu apakah python yang akan digunakan sudah terinstall dengan baik pada komputer kita. Kita bisa memeriksanya dengan melakukan cara seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Untuk belajar python yang lebih terarah dan menjadi lebih mahir teman-teman saya merekomendasikan untuk belajar python di DQLAB, Disana teman semua akan belajar Data Science lebih lengkap dengan kurikulum belajar yang sangat banyak. Ada juga materi belajar untuk kompetensi karir pada jalur junior data analyst. Kurikulum yang terstruktur dan teman-teman semua akan dilatih untuk kreatif serta memiliki kemampuan problem solving yang lebih baik setelah belajar di DQLAB.

Karena kurikulimnya dibuat oleh 7 ahli data yang bekerja pada di industri besar seperti Traveloka, PT. BUMA, Kompas.COM, dan GOJEK. Jadi ya memang, materinya sesuai untuk menggambarkan dengan kondisi real di Indonesia.

Yuk belajar data science bersama DQLab dengan daftarkan diri kamu dengan signup di http://dqlab.id. Dapatkan potongan 10% dengan menggunakan kode referral ini EDI.8349

Gunakan kode vocher EDI.8349 di DQLAB, untuk dapat potongan diskon 10%

Formulir Anda tidak dapat disimpan. Silakan coba lagi.
Anda berhasil berlangganan

Newsletter

Jadi yang pertama mendapatkan pembaruan artikel Python dan Django