Skip to main content

Belajar Dasar Python Percabangan (Kondisi) IF ELIF ELSE

belajar dasar python kondisi percabangan

Sama seperti pemrograman lain, yang memiliki fungsi if untuk melakukan percabangan. Percabangan itu gambaran dari alur program yang bercabang, berlogika "jika ... maka ... ". Dan ini juga bisa dsebut dengan struktur kondisi if. Percabangan dapat membuat suatu program berpikir untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kondisi yang diberikan.

Sekarang kita belajar dasar python percabangan berikut kita praktikkan membuat kondisi if. Sebelum itu kita harus memahami Jenis Operator Logika terlebih dahulu. Pada praktik ini saya menggunakan python 3.7 dan VCode Studio untuk menulis kode program. Anda bisa menggunakan editor manapun sesuai dengan selera. Dan versi python 3 lainnya.

Back to top

1) Struktur Percabangan IF

Kita akan mulai membuta program percabangan dari yang sederhana terlebih dahulu, agar mudah dipahami dan sebagai landasan belajar dasar python.

Dalam kondisi ini kita akan mencoba membuat program untuk menentukan kelulusan berdasar nilai. Jika mendapatkan nilai tertentu akan dinyatakan lulus dan selain itu maka dinyatakan tidak lulus. Ok mari kita mulai.

Contoh kasus ini, Kita membuat kondisi if menggunakan operator perbandingan.

if lulus == "tidak":
	print('Anda tidak lulus')

Dalam penulisan kode program python, kita perlu memperhatikan indentasinya, salah indentasi akan menyebabkan error. Kesalahan kecil seperti ini sering membuat pusing pemula, dirasa sudah benar mengikuti contoh tapi masih error ternyata salah indentasi.

Pada baris kode di atas itu belum lengkap, dan pasti error jika dijalankan. Karena belum ada variabel bernama lulus. Yang akan dilakukan pada kode ini adalah kita membandingkann variabel lulus dengan opeator pembanding sama dengan == apakah isi variabel lulus itu sama dengan 'tidak'. Lalu tanda titik dua (:) adalah dimulainya kode blok if. Kemudian baris kedua adalah bagian dari blok if, maka penulisannya harus menggunakan tab atau 2x spasi.

Jika variabel lulus sama dengan tidak, selanjutnya akan dieksekusi perintah print('Anda tidak lulus') akan ditampilkan kelayar, jika isinya "ya" maka tidak menghasilkan output apa-apa, karena kita belum membuat jika kondisi sama dengan 'ya'. Ok sekarang kita coba program lengkapnya....

lulus = input("Apakah Anda lulus?")

if lulus == "tidak":
    print('Anda tidak lulus')

Ok sekarang kita coba membuat yang lebih menarik lagi....

belanja = int(input('Total belanja Rp. '))

if belanja > 50000:
    print('Selamat Anda mendapatkan diskon 5%')

    diskon = belanja * 5/100
    bayar = belanja - diskon

    print('Total belanja Anda, Rp. ', belanja)
    print('Potongan harga, Rp. ', diskon)
    print('Anda cukup bayar, Rp. ', bayar)

print('Terimakasih sudah belanja')

Apakah Anda sudah bisa membacanya?
Pada variabel belanja kita menggunakan input yang dikonversi menjadi integer, karena input itu berupa string, maka tidak bisa dilakukan operasi aritmatika.
Sekarang misalnya belanja bernilai lebih dari 50000, maka program akan menjalankan kode yang ada didalam blok if, yaitu menghitung diskon dan mengurangi jumlah belanja dengan diskon yang didapat. Dan outputnya akan seperti ini:

Total belanja Rp. 70000
Selamat Anda mendapatkan diskon 5%
Total belanja Anda, Rp.  70000
Potongan harga, Rp.  3500.0
Anda cukup bayar, Rp.  66500.0
Terimakasih sudah belanja

Kemudian apabila belanja kurang dari 50000, maka yang didalam if tidak dieksekusi karena tidak memenuhi persyaratan, jadi langsung mengeksekusi baris kode diluar if yaitu print('Terimakasih sudah belanja')

Back to top

2) Struktur Percabangan IF ELSE

Contoh yang sudah kita pelajari di atas, masih kurang menarik sepertinya. Karena hanya ada satu kondisi saja. Dengan menggunakan if else kita bisa membuat dua kondisi yang jika syarat pertama tidak terpenuhi, maka else akan dieksekusi. Jadi akan ada dua keputusan yang bisa diambil.

Misalnya pada kasus belanja tadi, jika belanja lebih dari 50000 maka dapat diskon 5%, dan jika kurang dari itu hanya mendapat bonus permen. Tapi kita akan buat kasus berbeda.

Misal anggota perpustakaan meminjam buku untuk 3 hari atau lebih akan diharuskan membayar, dan kurang dari itu gratis. Langsung kita praktikkan.

lama_pinjam = int(input("Pinjam buku berapa hari? "))

if lama_pinjam >= 3:
    print('Meminjam buku selama {} dikenakan biaya'.format(lama_pinjam))
else:
    print('Meminjam buku selama {} GRATIS'.format(lama_pinjam))
    
# Output program
[email protected]:~/Documents/python-dasar
$ python3 perpustakaan.py
Pinjam buku berapa hari? 4
Meminjam buku selama 4 dikenakan biaya
[email protected]:~/Documents/python-dasar
$ python3 perpustakaan.py
Pinjam buku berapa hari? 2
Meminjam buku selama 2 GRATIS
[email protected]:~/Documents/python-dasar
Back to top

3) Struktur Percabangan IF ELIF ELSE

Jika ada lebih dari dua piliha, maka kita bisa menggunakan percabanfan if elif else. Elif jika dibahasa pemrograman lain adala else if, di python cukup dengan elif. Pada contoh ini kita akan membuat grade nilai.

nilai = int(input('Berapa nila Anda? '))

if nilai >= 90:
    grade = 'A'
elif nilai >= 80:
    grade = 'B+'
elif nilai >= 70:
    grade = 'B'
elif nilai >= 60:
    grade = 'C+'
else :
    grade = 'D'
print('Grade : {}'.format(grade))

# Output dari kode program sebagai berikut:
[email protected]:~/Documents/python-dasar
$ python3 nilai.py
Berapa nila Anda? 90
Grade : A
[email protected]:~/Documents/python-dasar
$ python3 nilai.py
Berapa nila Anda? 77
Grade : B
[email protected]:~/Documents/python-dasar
$ python3 nilai.py
Berapa nila Anda? 59
Grade : D

Kita bisa membuat kondisi yang lebih rumit lagi dengan menggunakan if didalam if, dan selanjutnya. Dan kondisi elif sampai berapapun jika Anda mau.

Back to top

4) Belajar Dasar Python Selanjutnya

Sekiranya tiga contoh di atas sudah bisa mewakili cara menggunakan percabangan python, Selanjutnya kita akan belajar tentang perulangan for yang juga tidak kalah menariknya. Pembahasan ini masih bisa dikembangkan lagi menjadi lebih kompleks, dan mungkin akan dibuat seri lanjutan setelah for

Back to top