Skip to main content

Belajar Dasar Python Tipe Data Python dan Contohnya

belajar dasar python tipe data python

Menurut saya belajar python itu sangat menyenangkan dan mudah untuk dipahami. Mulai dari belajar dasar python, mengenal tipe data python dan contohnya secara bertahap dan diulang, akan membantu mempercepat untuk memahami pemrograman python.

Beberapa tulisan yang sudah saya buat disini, juga pernah membahas tentang tipe data python dan contohnya juga. Tulisan ini bertujuan untuk merangkum dari beberapa yang sudah pernah dibahas bilamana ada yang belum menemukan yang dimaksud. Supaya kita lebih enak praktik belajar dasar python bisa menuju link yang disertakan.

Back to top

1) Apa Itu Tipe Data Python

Tipe data adalah jenis data yang tersimpan dalam variable (variabel), tipe data dalam python ada 6 jenis. Jenis tipe data pada python akan kita pelajari sebentar lagi. Karena jenis data python membutuhkan variabel, maka kita juga semestinya mengenal terlabih dahulu variabel pada python, bila sudah memahami variabel maka kita akan meneruskan belajar dasar python mengenai tipe data pada python dan contohnya

Jenis tipe data pada python ada yang bisa diubah dan ada yang tidak bisa diubah. Dan ada beberapa tipe data python yang bisa dikonversi menjadi jenis data lainnya yang bisa kita pelajari pada tulisan Konversi Tipe Data, dan beberapa ketentuannya. Karena mungkin suatu saat, kita butuh melakukan penggabungan data dari jenis berbeda, karena itu perlu melakukan konversi. Atau ingin melakukan sebuah operasi tertentu yang jika menggunakan tipe data tertentu tidak bisa dilakukan. Dan itu pelu mengkonversi data menjadi jenis lain.

Pada dasarnya, kita bisa memeriksa sebuah variabel itu memiliki jenis data apa didalamnya dengan menggunakan type(), seperti penggunaannya print(type(nama_variabel)). Maka akan dimunculkan output berupa . Misal

# membuat variabel bernama var
var = 123

# mencetak type data variabel var
print(type(var))

# output dari perintah print
<class 'int'> 

Dari contoh di atas variabel bernama var memiliki data berupa class int yaitu integer. Anda bisa mencoba yang lainnya seperti contoh. Dalam bahasa python, sebuah variabel tidak perlu dideklarasikan bahwa variabel tersebut adalah tipe data tertentu, karena python sudah bisa mengenali jenis data yang ada didalam si variabel.

Back to top

2) Belajar Dasar Python

Pentingnya mengenal dasar pemrograman python. Karena tidak ada dua jika tidak ada satu, sekolah pun dimulai dari SD, atau bahkan ada yang TK-PAUD, baru bisa melanjutkan kejenjang berikutnya. Tujuannya belajar dasar ptyhon tentu menghindari kebingungan dikemudian hari. Jika kita langsung mulai belajar OOP Python, maka akan terasa lebih sulit. Dan bagaimana mungkin bisa mempelajari OOP Python jika dasarnya saja belum mengerti.

2.1) Integer Pada Python

Integer adalah bilangan bulat (ya kita semua sudah paham akan hal itu). Setiap bahasa pemrograman pasti menggunakan jenis data integer. Tipe data integer berisi angka yang tidak memiliki koma (,) alias bilangan bulat. Contoh 2, 87, 7, dan sebagainya. Integer bisa hanya satu angka sampai tidak terbatas.

Tipe data integer dalam penulisannya var = 328, var adalah nama variabel dan 328 adalah isi variabel berupa bilangan bulat. Bisa dibuktikan dengan menggunakan type() seperti yang sudah dicontohkan di atas.

2.2) Tipe Data Float (Desimal)

Sama-sama berisi angka, tapi float ini adalah angka yang memiliki koma (,) atau biasa kita kenal desimal. Bila ada variabel seperti ini var = 2.3 itu sudah bisa dipastikan merupakan tipe data float, yang jika kita cek menggunakan type() maka akan menghasilkan keluaran berupa class 'float'.

Float bisa dikonversi menjadi integer menggunakan fungsi float(), begitu juga sebaliknya integer pun bisa dikonversi menjadi float. Dan untuk program artimatika jika kita menjumlahkan float dan int maka hasilnya akan menjadi float secara otomatis.

# variabel int
var1 = 123

# variabel float
var2 = 12.3

# konversi int ke float
fl = float(var1)
print(type(fl))
<class 'float'>
print(fl)
123.0

# menjumlahkan int dan float
su = var1+var2
print(su)
135.3

Lihat, var1 adalah int dan var2 adalah float. Kita mengkonversi var1 menjadi float pada variabel fl, dan setelah diprint hasilnya menjadi ada koma. Dan pada variabel su, kita menjumlahkan var1+var2 yang memiliki jenis data berbeda yakni integer dan float. Hasil dari penjumlahan tersebut menjadi float.

Untuk konversi float ke integer, python akan melakukan pembulatan kebawah

>>> var2 = 12.3
>>> var3 = 12.9
>>> i1 = int(var2)
>>> i2 = int(var3)
>>> print(i1)
12
>>> print(i2)
12
>>> 

2.3) Tipe Data Boolean

Python juga memiliki jenis data boolean, boolean dalam python juga sama seperti dibahasa pemrograman lain yaitu pernyataan benar dan salah (True, False). Biasa digunakan pada program percabangan, jika benar maka akan melakukan apa dan jika salah maka akan bagaimana.

Boolean tidak bisa dikonversi menjadi jenis lain, boolean berperan penting dalam menentukan kondisi tertentu pada sebuah logika if. Tipe data boolean tidak harus disimpan dalam variabel.

>>> print(var1 == var2)
False
>>> print(var1 < var2)
False
>>> print(var1 > var2)
True
>>> print(var1 != var2)
True
>>> 

Dari contoh operasi di atas, hasil dari boolean tidak harus disimpan atau tidak harus dibuat dalam sebuah variabel. Contoh lain dalam penggunaan tipe data boolean

>>> if (var1 < var2):
...     print("variabel var1 lebih kecil dari var2")  # False
... elif (var1 > var2):
...     print("variabel var1 lebih besar dari var2")  # True
... else:
...     print("var1 sama dengan var2")  # Tidak dijalankan
... 
variabel var1 lebih besar dari var2

Dalam logika if sederhana di atas, kita melakukan pemeriksaan terhadap variabel var1 apakah kurang dari atau lebih kecil dari variabel var2, maka jika hasilnya adalah True akan diprint variabel var1 lebih kecil dari var2 jika nilainya False program akan melanjutkan ke elif dan jika hasilnya True maka akan dijalankan perintah print("variabel var1 lebih besar dari var2"), dan seperti contoh di atas ternyata bernilai True maka python melakukan eksekusi pada blog elif yaitu menampilkan print, dan tidak melanjutkan ke bagian else karena sudah True. Tapi kalau ternyata False maka else akan di eksekusi. Berikut contoh lain

>>> if (var1 < var2):
...     print("variabel var1 lebih kecil dari var2")  # False
... elif (var1 == var2):
...     print("variabel var1 sama dengan dari var2")  # False
... else:
...     print("variabel var1 tidak sama dengan dari var2")  # True
... 
variabel var1 tidak sama dengan dari var2
>>> 

2.4) Tipe Data String

Tipe data string adalah jenis data python yang mengandung satu atau banyak karakter yang diapit oleh tanda kutip satu (' ') atau kutip dua (" "). Ingat setiap variabel yang menggunakan tanda kutip itu adalah tipe data string, walaupun yang berada didalam tanda kutip hanya angka.

a = '123'
b = '3.4'
c = 'data string'

Semua variabel di atas adalah string, karena diapit oleh tanda kutip. Variabel a dan b bisa dikonversi menjadi tipe lain karena a adalah string integer dan b adalah string float. Variabel a bisa dikonversi menjadi tipe integer, dan variabel b bisa dikonversi ke float dan juga ke integer. Bila variabel b ingin dikonversi menjadi integer maka dari string diubah ke float baru diubah lagi menjadi integer.

Karakter Khusus
Didalam data string pada python, ada karakter khusus yang memiliki fungsi sebagai berikut:

  • \n : membuat baris baru
  • \s : membuat karakter spasi
  • \e : membuat escape
  • \b : membuat backspace
  • \t : membuat tabulasi

Lebih lengkap tentang tipe data string

2.5) Tipe Data List dalam Python

Tipe data list adalah gabungan tipe data, sesuai dengan namanya saja adalah gabungan tipe data, sudah barang tentu didalam list bisa berisi integer, string, float, dan lainnya. Tipe data list bisa diubah itemnya.

Selain menggunakan fungsi type() untuk memeriksa apakah tipe data python didalamnya. Kita bisa melihat langsung berdasarkan ciri-cirinya yaitu menggunakan kurung kotak dan dipisahkan dengan koma (,) untuk setiap potongannya.

list = ["belajar dasar python", 2020, 3.8, True]

Pada variabel list yang saya buat ini, berisi empat jenis tipe data python yakni string, integer, float, dan Boolean. Kita bisa mengakses data tersebut secara terpisah atau bisa seluruhnya. List memiliki nomor index yang diawali dari 0 sebagai index pertama. Index berguna pada saat ingin mengambil satu atau beberapa item dari list.

# Membuat List
list = ["belajar dasar python", 2020, 3.8, True]
print(list)
['belajar dasar python', 2020, 3.8, True]

# cetak list index pertama
print(list[0])
belajar dasar python

# print list index pertama hingga ke 4
print(list[0:3])
['belajar dasar python', 2020, 3.8]

# Menghitung panjang list
print(len(list))
4

# menamilkan item index ke 4
print(list[3])
True

# Menambah item list di akhir index
list.append("edikartono.com")

# menambah item pada index ke4 dengan tipe integer
list.insert(3, 1945)

# Menggunakan perulangan untuk menampilkan seluruh item
>>> for l in list:
...     print (l)
... 
belajar dasar python
2020
3.8
1945
True
edikartono.com
>>> 

# mengubah item ke 4, 1945 menjadi 'belajar list'
>>> list[3] = "belajar list"
>>> print(list)
['belajar dasar python', 2020, 3.8, 'belajar list', True, 'edikartono.com']
>>> 

# menghapus index ke 3
>>> del list[2]
>>> print(list)
['belajar dasar python', 2020, 'belajar list', True, 'edikartono.com']
>>> 

2.6) Tipe Data Tuple dalam Python

Setelah belajar tentang list dalam python juga terdapat tipe data yang mirip seperti list, hanya tipe data tuple pada python ini tidak bisa diubah. Kita bisa memeriksa dengan menggunakan type() atau bisa dilihat langsung berdasarkan ciri-cirinya menggunakan tanda kurung ().

# membuat tuple
tp = ('belajar dasar python', 2020, 'belajar list', True, 'edikartono.com')
print(tp)
('belajar dasar python', 2020, 'belajar list', True, 'edikartono.com')

# mengakses index ke 4
print(tp[3])
True

# mengakses indek pertama sampai ke 4
print(tp[0:3])
('belajar dasar python', 2020, 'belajar list')

# tidak bisa menambahkan item
tp.append("belajar tuple")
Traceback (most recent call last):
  File "<stdin>", line 1, in <module>
AttributeError: 'tuple' object has no attribute 'append'

# juga tidak bisa menghapus item
del tp[2]
Traceback (most recent call last):
  File "<stdin>", line 1, in <module>
TypeError: 'tuple' object doesn't support item deletion

2.7) Tipe Data Dictionary pada Python

Tipe data dictionary dalam python tidak memiliki index seperti tuple dan list, dictionary memiliki key dan value. Yang merupakan data tidak berurut, associative array sebutan pada bahasa pemrograman lain. Item pada dictionary bisa berisi semua jenis data python, termasuk dictionary juga (dict didalam dict).

# membuat dictionary
dict = {
	"key":"value"
}

Membuat dictionary menggunakan kurung kurawal { } dan nilai pada key harus unik, artinya tidak boleh ada key yang sama. Key boleh berupa string dan integer, sedangkan value bisa berisi apa saja. Anda bisa pelajari lebih lengkap tentang dictionary pada Contoh Dictionary Python

Back to top

3) Belajar Dasar Python Berikutnya

Sampailah pada bagian akhir tulisan belajar dasar python yang membahas tentang tipe data python. Selanjutnya kita akan membahas apa ya...?  Selanjutnya Belajar Dasar Python Mengenal Jenis Operator

Back to top