Ingin Belajar Programming Otodidak, Bagaimana Memelakukannya?
Ingin Belajar Programming Otodidak, Bagaimana Memelakukannya?

Ini cerita saya, sedari dulu memang sudah tertarik ingin belajar programing tapi entah kenapa males mau kuliah. Memang penyakit males ini berbahaya. Hingga 15 tahun pun berlalu, waktu yang cukup lama seandainya waktu itu mulai belajar programming.... Tapi saya tidak boleh menyesali apa yang terjadi saat ini. Justru sekarang ilmu sudah bertebaran dimana-mana. Saya juga tidak ingat persis waktu itu, entah memang benar-benar malas atau tidak punya tujuan hidup.

Daftar Isi

Setelah 15 tahun yang lalu dunia IT mulai ramai, dan semakin dekatnya internet. Sangat berbeda jauh keadaannya. Saat ini informasi sudah sangat mudah didapat. Jadi meski saya tidak pernah kuliah, tetap bisa belajar programming otodidak secara mandiri, dan beberapa saya tulis disini supaya tidak lupa.

Segala sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangannya, jika Anda ingin belajar programming otodidak, itu tidak jadi soalan. Tentu saja belajar otodidak tidak mendapatkan tanda bukti berupa sertifikat apalagi ijazah. Tapi kita masih tetap bisa membuktikan skill programming dengan membuat portofolio sendiri.

Untuk yang belajar programming formal, tentu Anda beruntung memiliki ijazah adalah bukti yang diakui dan resmi. Karena berguna untuk melamar pekerjaan.

Anda dan saya yang saat ini masih belajar programming otodidak, saya telah mengumpulkan beberapa refrensi untuk kita yang belajar pemrograman otodidak dan semua hal yang otodidak agar memperhatikan tips-tips dari yang sudah berpengalaman.

Belajar Bahasa Pemrograman Apa

Yang pernah saya alami, pertama kali saya tau tentang coding adalah visual basic, delphi, pascal. Saya hanya mengetahui namanya saja, tanpa pernah mempelajari. Visual basic saja pernah belajar membuat tombol saja, setelah itu bosan....

Menurut saya disinilah awal mula yang kadang tidak pernah berakhir, tidak pernah berakhir karena terus merasa bingung dengan bahasa pemrograman apa yang ingin dikuasai terlebih dahulu. Ada banyak bahasa pemrograman saat ini. Baru mulai belajar dasar PHP melihat C++ sepertinya lebih menarik, kemudian pindah ke C++, baru belajar sebentar ada peluang besar untuk programer Python mulai belajar python. Itulah menurut saya awal yang tidak pernah berakhir

Saran pilihlah bahasa pemrograman sesuai bidang yang Anda kuasai. Bila backgroundnya ekonomi atau fisika, kimia, bisa belajar python sebagai bahasa pemrograman awal yang harus dikuasai. Bahasa Python itu mudah termasuk yang tidak ada basic IT sama sekali.

Cari Sumber Lengkap

Untuk mempelajari bahasa pemrograman tertentu, cari sumber yang menyediakan tutorial lengkap mulai dari dasar dulu. Tidak ada yang tidak ada didunia penuh informasi saat ini, Jadikan Google dan Youtube sebagai teman belajar Anda. Jika Youtube memberatkan kuota Anda jangan paksakan, cukup google saja.

Rujukan pertama untuk belajar bahasa pemrograman otodidak tentu saja diwebsite pembuat program itu. Misal Anda belajar python rujukan pertama tentu saja python.org, belajar PHP pasti php.net, blog lain yang membahas bahasa pemrograman tertentu sebagai tambahan. Misal Anda ingin belajar python tentu salah satunya belajar bersama saya. (saya juga masih belajar)

Konsisten

Yang sering mengganggu adalah ketidak teraturan dalam belajar, diawal semangat mulai seminggu kemudian agak jarang dan akhirnya tidak belajar sama sekali. Jangan sampai seperti itu, buat jadwal dan lakukan sesuai dengan jadwal yang sudah Anda buat sendiri.

Ingat saya dulu pernah belajar PHP, sebulan kemudian sudah tidak melanjutkan lagi karena alasan tertentu sampai sekarang. Akhirnya orang lain sudah ahli dan saya masih newbie.

Praktek, Praktek, dan Praktel

Prakekkan ilmu yang sudah didapat, kembangkan agar Anda mendapatkan pengalaman ERROR. Ya... ERROR Anda tidak salah baca. Sebab dengan bertemu masalah ERROR kita akan belajar lebih banyak untuk menyelesaikan ERROR tadi, tentu itu tidak ada dimodul.

Membuat Proyek Sendiri

Buatlah sebuah proyek untuk mengasah kemampuan Anda, mulai dan selesaikan. Dengan begitu Anda akan lebih banyak mendapatkan ilmu dari pada hanya praktik yang ada dimodul dan panduan saja. Karena membuat proyek adalah salah satu pekerjaan nyata.

Dengan membuat proyek bisa untuk membangun portofolio Anda sendiri

Bergabung Dengan Komunitas

Seorang programer tidaklah sendiri, mereka harus bergabung dengan komunitas sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipelajarinya. Tujuannya tentu untuk berbagi pengalaman, jawab pertanyaan dikomunitas yang sekiranya Anda mengetahui, itu juga berguna untuk mengasah kemampuan Anda.

Istirahat Cukup

Jangan sampai Anda melakukan ini. Diawal belajar, semangat masih membara bisa berjam-jam atau bahkan hingga lupa tidur. Atur waktu Anda meski masih semangat belajar jika sudah waktunya istirahat maka istirahatlah. Karena tubuh berhak istirahat. Dan untuk menjaga semangat belajar Anda terus membara.