Skip to main content

Contoh Aplikasi Yang Dibuat Dengan Python

Contoh Aplikasi Yang Dibuat Dengan Python

Membahas tentang bahasa pemrograman python, ternyata pemrograman ini sudah digunakan untuk membuat aplikasi dalam berbagai bidang. Mulai dari Web, Game, dan Aplikasi Desktop. Bagi sebagian pengguna Linux pasti diantaranya pernah menggunakan software berikut yang akan saya buat daftarnya. Setelah ditelusuri ternyata banyak juga contoh aplikasi yang dibuat dengan python dan sudah sering digunakan. Sebagian lagi dapat berjalan pada multi platform.

Dengan mengetahui aplikasi besar yang dibuat menggunakan python, diharap akan membuat kita semakin semangat untuk mempelajarinya. Daftar aplikasi berikut ini dibuat dengan python dengan kombinasi framework, dan inilah daftar aplikasinya

Back to top

1) Web Based

Bagian pertama merupakan app berbasis web yang dibuat dengan python, sengaja menampilkan ini pada bagian pertama karena kepopulerannya. Dan saat ini saya kira tidak ada orang yang tidak pernah atau minimal mendengar nama dari app berikut.

  1. Instagram

    Aplikasi untuk berbagi foto ini dibangun menggunakan python dengan framework Django. Ya ini adalah app untuk berbagi foto yang sekarang dimiliki oleh Facebook.

  2. Disqus

    Tidak terlalu populer seperti Instagram memang. Plugin komentar ini dibuat dengan Django, digunakan sebagai alternative untuk diskusi pada blog.

  3. Spotify

    Sama seperti iTunes setiap orang dapat mendengarkan, berbagi, dan membeli musik disini. Mereka juga memanfaatkan Django beserta fitur python lain.

  4. Youtube

    Yang pada awal pembuatannya menggunakan PHP. Karena pertumbuhan pengguna yang semakin cepat, mereka memutuskan untuk menggunakan Django.

  5. Dropbox

    Ini adalah layanan file hosting gratis, Kamu bisa menyimpan file disini dan membagikannya dengan teman-teman. Untuk software client dan backend menggunakan python dan pada websitenya menggunakan Django.

  6. Mozilla

    situs web support mereka beralih dari PHP+CakePHP ke Python+Django

  7. Pinterest

    Salah satu situs web paling populer di Django. Berkat kerangka kerja ini, pengguna Pinterest dapat berlangganan ke pengguna lain dan berbagi papan mereka.

Baca Juga: Membuat Aplikasi Berbasis Web dengan Python

Sumber: Djangostar.com
Silahkan kalau ada yang ingin menambahkan dari List di atas.

Back to top

2) Aplikasi Desktop

Sebagian besar aplikasi berikut ini mungkin tidak populer dikalangan pengguna Windows, dan untuk pengguna Linux minimal kalian sudah pernah mendengar namanya. Ok langsung saja kita lihat daftarnya

  1. Bazaar, computer control system
  2. BitTorrent, bittorrent client
  3. Blender, Untuk membuat animasi 3D. Mengizinkan skrip Python di mesin game dan dalam pemodelan dan animasi
  4. Cinema 4D, program seni dan animasi 3D untuk membuat intro dan teks 3 Dimensi. Memiliki konsol dan engine scripting Python bawaan
  5. Deluge, BitTorren client di GNOME
  6. Dropbox Client
  7. GNOME Soundconverter
  8. Gunicorn, web server WSGI
  9. OpenShot Video Editor
  10. OpenStack
  11. PiTiVi, Video Editor
  12. Portage, software manajer di Gentoo
  13. Quake Army Knife, environment untuk pengembangan peta 3D game pada Quake Engine.
  14. Quod Libet, music player dan tag editor.
  15. Ubuntu Software Center
  16. Wicd, network manajer Linux pada lingkungan XFCE

Daftar di atas hanya sebagian saja, saya pilih berdasarkan apa yang pernah saya tau dan pernah menggunakannya. Kalau teman-teman masih ada lagi silahkan ditambahkan pada komentar dibawah. Membuat aplikasi Android dengan Python

Back to top

3) Video Game

Python juga bisa digunakan untuk membuat video game, tentu lebih mudah menggunakan framework. Dan berikut daftarnya

  • Battlefield2
  • Bridge Commander
  • Civillization IV
  • Disney Toontown Online, menggunakan Python dan Panda 3D untuk bagian grafisnya
  • The Sims 4
  • Mount & Blade
  • Pirates of Caribbean Online
  • World of Tanks

Sumber : Wikipedia
Framework Python

Back to top

4) Akhir Kata

Sudah kita buktikan bersama, dari daftar aplikasi yang dibuat dengan python di atas. Membuktikan bahwa python bisa digunakan dalam berbagai hal. Dan itu baru sebagian kecil saja. Tentu saja kita semua bisa membuat aplikasi dengan python yang lebih baik lagi.

Sebagai bahan belajar, kamu bisa memiliki Buku Python dan eBook Python Gratis

Back to top