Bahasa Dasar Python Belajar Memahami Perulangan While
Bahasa Dasar Python Belajar Memahami Perulangan While

Ok kita melanjutkan kembali belajar python, sekarang mulai memahami bahasa dasar python tentang perulangan While. Kemarin pada tulisan Percabangan IF ELIF ELSE saya sudah merencanakan untuk membahas tentang perulangan for, tapi entah kenapa ingin menulis tentang perulangan while.

Daftar Isi

Oh iya, ngomong-ngomong python punya dua struktur perulangan atau kita juga sering menyebutnya loop. Mereka adalah for dan while. Meski punya dua macam perulangan, mereka tetap punya satu tujuan. Tujuannya adalah mengulang baris perintah.

Sekarang sebelum memulai suatu loop pada program, dalam while setidaknya ada tiga bagian kondisi yang perlu diketahui.

  • Awal dimulainya perulangan
  • Pada saat perulangan itu sendiri
  • Bagaimana bagian akhirnya

Mari kita lihat format dasar perulangan while sebagai berikut

var = 0
while kondisi:
	# program yang akan diulang
	increment

Variabel var = 0 adalah inisiasi sebelum memulainya loop, kemudian kondisi bagaimana kondisinya supaya bisa menjalankan perulangan, dam increment biasa digunakan untuk menaikkan nilai variabel yang dalam contoh ini adalah var = 0

Contoh Perulangan While

Tidak lengkap rasanya jika tanpa ada contohnya, kita akan membuat loop yang sederhana seperti pada format dasar loop.

1 = 1
while i <= 8:
	print('EdiKartono.Com')
	i += 1

Variabel i senagai inisiasi, atau dengan sebutan lain variabel counter yang nilainya akan terus dipakai selama program berjalan untuk menentukan jumlah berapa kali loop.

Dan pada while i <= 8: inilah awal dimulainya perulangan selama nilai i kurang dari sama dengan 8. Artinya selama belum terpenuhi kondisi akhirnya, maka loop akan terus berjalan sampai akhir. Ketika nilai terpenuhi, yaitu i kurang dari sama dengan delapan maka sebanyak itu perulangan terjadi dan sebanyak itu juga python menjalankan perintah print('EdiKartono.Com').

Bagaimana akan berhenti? kita lihat pada baris ketiga program python kita, i += 1 itu adalah increment kita. Setiap kali perintah print selesai dieksekusi maka i otomatis akan bertambah. Jadi nilai i akan berubah setiap kali program dijalankan. Dalam contoh ini nilai i akan terus ditambah satu, hingga sampai pada angka 8 dan program akan exit.

Python 3.7.3 (default, Dec 20 2019, 18:57:59) 
[GCC 8.3.0] on linux
Type "help", "copyright", "credits" or "license" for more information.
>>> i = 1
>>> while i <= 8:
...     print('EdiKartono.Com')
...     i += 1
... 
EdiKartono.Com
EdiKartono.Com
EdiKartono.Com
EdiKartono.Com
EdiKartono.Com
EdiKartono.Com
EdiKartono.Com
EdiKartono.Com
>>> 

Ada perulangan while yang tidak pernah selesai, program akan terus melakukan loop sampai dihentikan paksa oleh campur tangan manusia yaitu dengan CTRL+C. Hal itu dikenal dengan infinity loop perulangan yang jalan terus menerus. Itu bisa saja terjadi secara tidak sengaja apabila programer lupa membuat increment seperti ini

i = 1
while i <= 8:
     print('EdiKartono.Com')

Baris program itu jika dijalankan, tidak akan pernah berhenti. Itu dikarenakan while selalu bernilai True. Karena tidak ada increment, maka nilai variabel i tetap, tidak pernah menemukan nilai False. Cara untuk menghentikannya dengan menggunakan tombol CRTL+C

Selain kode seperti di atas, kode berikut ini juga akan menjadi infinity loop, karena increment i += 1 berada diluar block program. Sebab itu pastikan meletakkan baris kode program secara tepat. Karena bahasa python, salah memberi spasi pun dapat menyebabkan masalah.

i = 1
while i <= 8:
     print('EdiKartono.Com')
i += 1

Kita juga bisa membuat perulangan menurun, jadi tingga diubah saja incrementnnya.

i = 20
while i > 10:
     print('EdiKartono.Com', i)
     i -= 1

Hasilnya bisa kita lihat seperti ini

perulangan while loop

Kita juga bisa menggunakan kondisi lain untuk looping while, misal membuat kelipatan 3, pada loop ini increment berperan penting seperti apa yang bisa dilakukan program python kita ini. Karena itu penting sebelum ini mengenal tentang operator aritmatika.


>>> var = 3
>>> while var < 100:
...     print(var)
...     var = var + 3
... 
3
6
...
...
87
90
93
96
99
	

Selanjutnya Perulangan FOR

Semoga semua bisa memahami bagaimana cara kerja perulangan while (while loop), ditambah dengan pemahaman mengenari operator matematika, kita bisa berkesperimen membuat kode program yang selain dari contoh di atas. Akhirnya kita akan melanjutkan belajar dasar python ke perulangan for (for loop).