Menentukan Grade Nilai Dengan Python
Menentukan Grade Nilai Dengan Python

Daftar Isi

 

Tulisan ini sebenarnya sudah dibahas pada saat belajar percabangan python. Dan saya mau bahas lagi tentang menentukan grade nilai dengan python. Program seperti ini, bisa diterapkan dalam pemberian nilai kelulusan, grade A, B, C pada buku laporan nilai siswa dan bisa juga untuk pemberian nilai pada suatu produk tertentu.

Sebelumnya saya sudah membuat program untuk menentukan grade nilai A, B, C, dan D yang bisa diterapkan pada buku laporan nilai siswa. Kalau seseorang mendapatkan nilai lebih dari 90 maka, gradenya sama dengan A, nilai lebih dari 80 dapat grade B, nilai 70 ke atas grade C, dan sisanya mendapatkan grade D. Programmnya adalah seperti ini

Grade Nilai Sederhana

nilai = int(input('Berapa nila Anda? '))

if nilai >= 90:
    grade = 'A'
elif nilai >= 80:
    grade = 'B+'
elif nilai >= 70:
    grade = 'B'
elif nilai >= 60:
    grade = 'C+'
else :
    grade = 'D'
print('Grade : {}'.format(grade))

Kode python ini saya simpan dengan nama nilai.py, saat saya menjalankannya dengan python3 nilai.py maka pertama kali program akan meminta untuk input nilainya dari variabel nilai. Setelah itu maka, akan diperiksa angka yang diinputkan tadi cocok dengan kondisi yang mana.

Saat angka yang ditemukan cocok dengan kondisi tertentu, misalkan menginput angka 20 maka, yang kondisi yang cocok adalah baris ke 12 yaitu grade = 'D'. Karena kondisi yang sebelumnya menghasilkan nilai False.

Grade Nilai Berdasarkan Umur

Kita lihat kasus berbeda lagi yang masih berhubungan dengan menentukan grade nilai. Misalkan, seseorang yang sudah berumur 17 sudah bisa membuat KTP. Jika umurnya masih kurang dari 17, maka tidak perlu membuat KTP. Sederhanyanya seperti pada contoh pertama

umur = int(input('Berapa umur Anda? '))

if umur >= 17:
    print('Anda harus membuat KTP')
else:
    print('Anda belum bisa buat KTP')

Dan saya simpan dengan nama umur.py, hasil dari program tersebut akan seperti ini.

menentukan grade umur dengan python

Grade Nilai dari Input Tanggal

Lalu bagaimana kalau inputnya kita ganti dengan tanggal lahir? Dari program yang sebelumnya, kita memerlukan modul datetime. Dan kode programmnya adalah seperti berikut:

from datetime import date

input_tanggal = input('Masukkan angka saja dalam format YYYY-MM-DD \n')

tahun, bulan, tanggal = map(int, input_tanggal.split('-'))

tanggal1 = date(tahun, bulan, tanggal)

umur = date.today().year - tanggal1.year

print('Umur anda sekarang : {} Tahun'.format(umur))

if umur >= 17:
    print('Anda harus membuat KTP')
else:
    print('Anda belum bisa membuat KTP')

Keterangan:

  1. Pada kode yang baru saja dibuat, baris pertama kita import dulu modul datetime.date. Modul ini dibutuhkan untuk menghitung tanggal lahir nantinya.
  2. Kemudian, membuat variabel untuk menyimpan input berupa tanggal lahir dari user. Pada input ini kita menginformasikan kepada user untuk menginput sesuai dengan format yang ditentukan.
  3. Kemudian selanjutnya kita memisahkan antara tahun, bulan, dan tanggal dengan tahun, bulan, tanggal = map(int, input_tanggal.split('-')) dan menyimpan pada variabel tanggal1
  4. Pada variabel umur akan menyimpan umur user yang didapat dari menghitung umur tahun sekarang dikurangi dengan tahun lahir.
  5. Baris selanjutnya print untuk menampilkan hasil dari hitungan pada variabel umur
  6. Setelah itu, program akan menentukan apakah umurnya sudah lebih dari 17 atau kurang dari itu. Jika 17 tahun atau lebih, maka print('Anda harus membuat KTP') akan dieksekusi. Dan kalau kurang dari 17 maka print('Anda belum bisa membuat KTP') yang akan ditampilkan.

Kode program python tersebut akan menghasilkan keluaran yang seperti ini:

menentukan grade umur dengan python

Sekarang misalnya kasus lain, pada sebuah toko mengadakan diskon untuk yang sedang berulang tahun. Tepat pada bulan dan tanggal hari ini akan mendapatkan diskon 90%, jika umurnya 30 tahun atau lebih. Kalau tanggal dan bulannya tidak sesuai tapi masih berumur 30 tahun atau lebih maka akan mendapatkan diskon sebesar 50% saja.

Dan untuk yang umurnya masih 5 tahun atau kurang dari itu, maka tidak boleh belanja. Kemudian kondisi terakhir untuk yang tidak masuk pada kondisi sebelumnya akan mendapatkan diskon 30%.

Maka, saya mengubah sedikit menjadi seperti ini

if umur >= 30:
    if tanggal1.day == date.today().day and tanggal1.month == date.today().month:
        print('Selamat anda mendapat diskon Ulang Tahun 90%')
    else:
        print('Selamat anda mendapat diskon 50%')
elif umur <= 5:
    print('Anda masih bayi belum punya uang!')
else:
    print('Selamat anda mendapat diskon 30%')

menentukan diskon dengan pythonTeman-teman bisa memodifikasi lagi menjadi yang lebih detail lagi seperti itu

Kesimpulan

Belajar pemrograman python memang sangat menyenangkan, saya yakin teman-teman semua sudah bisa langsung memahami dari program yang sudah dicontohkan tersebut. Ini baru sebagian kecil dari kita menentukan grade nilai dengan python. Masih banyak keseruan lagi belajar python. Kalau masih ada yang belum jelas bisa ditanyakan melaui sosial media saya atau lewat telegram untuk chat pribadi. Link sosial media ada di menu Kontak.