Skip to main content

Ringkasan Buku Belajar Python Bahasa Indonesia

buku belajar python bahasa indonesia

Tempat belajar python yang paling lengkap tutorialnya itu ada di website python.org (resmi), tapi memang kita harus online untuk bisa mengaksesnya. Dan lagi pula untuk bahasa Indonesia (setau saya) belum ada dokumentasinya. Jadi, untuk belajar python bisa dengan cara mencari tutorial di Google atau bisa juga di Youtube. Atau bisa juga dari dokumentasi resmi dan ditranslate dengan Google Translate atau aplikasi penerjemah lain kesukaan kamu. Dan memang agak sulit dipahami hasil terjemahannya, malah membuat tambah mules saja.πŸ˜‚οΈπŸ˜‚οΈπŸ˜‚οΈ

Sumber belajar bisa dari mana saja, yang penting ada kemuauan pasti mendapatkan apa yang dicari. Atau kalau tidak suka dan merasa lebih nyaman membaca buku boleh juga kalian membaca buku-buku ini. Bisa dengan membeli atau meminjam teman yang sudah memilikinya. Gak ada masalah, yang penting bisa membaca bukunya. Atau kalau mau punya e-book python, saya ada 7 eBook bisa kamu download, Baca di eBook Python Bahasa Indonesia.

Tapi ada juga sebagian orang yang merasa kurang nyaman membaca eBook, termasuk saya sebenarnya. Kalau sudah terlalu lama baca, mata sering buram. Kalau sudah begitu saya melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan layar hape atau komputer. Setelah normal lagi, lanjut baca lagi itu kalau masih mau. Kalau sudah kena penyakit malas ya... dilanjut kapan-kapan...πŸ˜‚οΈπŸ˜‚οΈπŸ˜‚οΈ

Back to top

1) Dasar-Dasar Pemrograman Dengan Python

dasar dasar pemrograman python

Buku Dasar-dasar Pemrograman Dengan Python ini menurut saya cukup untuk yang baru mulai belajar python. Penulisan dan pemilihan kata yang ringan, jadi pembacanya bisa dengan mudah untuk memahami konsep pemrograman python. Yang dibahas mengenai konsep algoritmik berorientasi pemecahan masalah, beserta unsur-unsur pemrograman kemudian pembaca akan dikenalkan dengan cara berpikir pemrograman yang berorientasi objek.

Buku ini disusun berurutan, tapi untuk pembaca seperti saya ini biasanya suka melompat-lompat alias baca dulu yang lebih menarikπŸ˜‚οΈπŸ˜‚οΈπŸ˜‚οΈ. Itu tidak masalah sebenarnya, asalkan bisa mengikuti dan juga mempraktikkan dan mengerjakan soal latihan yang disediakan dibuku ini. Dalam contohnya menggunakan Jupyter Notebook.

Untuk mahasiswa yang sedang menempuh kuliah dasar-dasar pemrograman, bisa dijadikan sebagai sumber bacaan selain dari kita mengambil dari dokumentasi pada situs resminya. Bukan cuma untuk Mahasiswa saja, pembaca umum juga boleh membacanya untuk tambahan referensi apalagi yang sedang mempelajari pemrograman Python.

Back to top

2) Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Python

algoritma dan pemrograman menggunakan python

Buku setebal 114 halaman yang dibagi menjadi 11 BAB, Semuanya membahas bahasa pemrograman Python (ya iya lah... namanya juga buku python πŸ˜‚οΈπŸ˜‚οΈπŸ˜‚οΈ). Akan lebih detail lagi penjelasannya, misal Bab Pertama membahas tentang pengertian, fitur, cara install, dan cara menjalankan (melalui command, interpreter, dan teks editor).

Pembahasan lengkap tentang algoritma dimulai dari Bab dua, berikut dengan flowchar dan juga programnya. Baru kemudian akan mempelajari lebih jauh dimulai dari Operasi dasar, operator matematika dan operator logika, cara menggunakan library, percabangan, perulangan, manipulasi, fungsi, rekursi, dan dictionary. Kesemua itu dibahas dalam satu bab masing-masing.

Back to top

3) Pengantar Desain Eksperimen Menggunakan Python

pengantar desain eksperimen menggunakan python

Pembahasan didalam buku ini dibagi menjadi enam bab, pada bab pertama membahas tentang desain eksperimen. Desain eksperimen itu bisa dikatakan adalah rancangan yang berupa tahapan-tahapan yang akan dilakukan saat melakukan eksperimen atau percobaan. Rancanyan eksperimen itu harus mengacu kepada tujuan dari eksperimen itu sendiri. Tujuannya agar hasil yang didapat berupa data yang valid, untuk menghasilkan analisa dan kesimpulan yang tepat atas suatu masalah.

Desain eksperimen, istilah ini digunakan pada bidang teknik, industri, dan komputer. Dan ada juga yang menyebutnya dengan desain eksperimental biasanya istilah ini digunakan pada bidang ilmu kedokteran dan sosial. Tapi keduanya sama-sama memiliki makna yang sama.

Kemudian pada bab kedua membahas tentang desain faktorial, adalah suatu percobaan yang menggunakan dua faktor (minimal) atau lebih yang memberikan perlakuan berbeda atau menggunakan variabel yang berbeda. Bab ketiga desain Plackett-Burman, bab keempat Response Surface Methodology/RSM, bab kelima desain acakdan bab terakhir aplikasi desain Box-Behnken-Response Surface Methodology.

Back to top

4) Pengantar Analisis Data Menggunakan Python

pengantar analisis data menggunakan python

Buku setebal 105 halaman ini sebagai pelengkap pengujian statistik Kamu berdampingan dengan data analisis MS Excel maupun minitab. Dapat juga diaplikasikan pada pembelajaran dasar statistik atau kemometrik.

Buku ini merujuk pada dokumentasi python.org dan juga dari pustaka pendukungnya yang digunakan untuk analisis data. Untuk pembelajaran analisis data tingkat lanjut, analisis data dengan Principal Component Analysis, Kmeans Clustering dan beberapa pengolah data berbasis mesin pintar (machine learning) perlu ditambahkan.

Back to top

5) Mendapatkan Bukunya

Untuk mendapatkan semua buku python bahasa Indonesia ini, caranya mudah saja. Kunjungi link berikut ini kamu akan langsung mendapatkannya. Dapatkan Buku Python. Selamat Membaca

Back to top